Wednesday, December 18, 2019

JENIS PROGRAM KEHAMILAN SELAIN BAYI TABUNG

Bagi pasangan yang mendambakan hadirnya buah hati dalam keluarganya namun kesulitan dalam mendapatkan buah hati, program kehamilan sering menjadi alternatif yang ditempuh sebagai contoh program yang paling dikenal masyarakat secara luas adalah bayi tabung atau dalam Bahasa medis lebih dikenal dengan sebutan In Vitro Fertilization (IVF).

Sebenarnya masih banyak lagi metode alternatif lainnya yang anda dan pasangan dapat lakukan dalam usaha memiliki buah hati, ada Interuterine insemination (IUI), Gamate Intradallopian Transfer (GIFT), atau Intra Cystoplasmic Sperm Injection (ICSI).

Interuterine Insemination (IUI)
Interuterine insemination adalah variasi dari inseminasi buatan dengan dilakukannya proses pencucian sperma sebelum injeksi. Prosedur injeksi sperma ini dilakukan pada kanal vagina dimana sperma akan bergerak sendiri untuk mencari sel telur hingga akhirnya dapat menemukan dan bahkan membuahi sel telur.

Metode ini dianggap cocok bagi wanita yang menghasilkan cairan vagina yang tidak ramah sperma ataupun pada pria dengan kasus sperma inferior (jumlah sperma yang kurang hingga tidak dapat membuahi, dapat juga berupa gerakan sperma yang abnormal)

Gamate Intradallopian Transfer (GIFT)
Prosedur GIFT ini sebenarnya memiliki banyak kesamaan dengan prosedur IVF namun memiliki satu perbedaan yang mencolok. Pada prosedur IVF, pembuahan sel telur oleh sperma dilakukan di laboratorium dengan menggunakan media cawan petri, namun pada prosedur GIFT sel telur dan sperma dimasukkan pada tuba falopi menggunakan kateter sebelum dilakukan pembuahan, pembuahan diharapkan terjadi di tuba falopi.

Prosedur ini sering kali dilakukan oleh pasangan yang tetap ingin pembuahan terjadi pada “tempat yang seharusnya” yaitu pada tuba falopi. Namun untuk menjalankan prosedur ini, wanita harus memiliki tuba falopi.

Intra Cystoplasmic Sperm Injection (ICSI)
Pada metode ini, sperma langsung d isuntikkan ke dalam sel telur. Metode ICSI dilakukan pada pasangan suami istri yang memiliki permasalahan dengan kesuburan pada suami akibat mobilitas sperma yang buruk atau dapat juga disebabkan karena kualitas sperma yang rendah

Kunjungi website resmi bocah Indonesia untuk dapat melakukan konsultasi dengan ahli, anda juga langsung dapat melakukan pengobatan dan juga metode alternatif dalam program kehamilan

No comments:

Post a Comment