Thursday, August 31, 2017

SELAIN MALIOBORO, INILAH TEMPAT WISATA MENARIK DI DEKAT STASIUN TUGU

source: pixabay
Sebagai salah satu kota wisata terbaik di Indonesia, sudah pasti ada banyak tempat menarik yang bisa kamu kunjungi di Yogyakarta. Sejak keluar dari stasiun Tugu atau bandar udara internasional Adisutjipto saja, kamu sudah bisa menemukan berbagai tempat yang asyik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah kawasan Malioboro yang bisa segera kamu datangi begitu keluar dari stasiun Tugu. Di kawasan yang menjadi salah satu iko wisata Yogyakarta ini, kamu bisa melakukan berbagai hal menarik seperti wisata kuliner, belanja barang-barang khas setempat, sampai foto-foto.

Namun, Maliboro bukanlah satu-satunya tempat menarik yang bisa kamu kunjungi setelah sampai di Yogyakarta melalui stasiun Tugu. Masih banyak tempat wisata menarik lainnya yang bisa kamu datangi di dekat stasiun terbesar di Yogyakarta ini lho... apa aja?:

● Istana Air Taman Sari
Destinasi wisata ini terletak di kecamatan Keraton, Kota Yogyakarta. Disini, terdapat sebuah bangunan megah yang bersejarah. Didalamnya, terdapat kolam-kolam buatan yang sangat menawan, serta lorong-lorong yang misterius. Pemandangan yang tersaji di Istana Air Taman Sari ini sangat epic dan instagram-able. Banyak orang-orang yang menyukai foto dengan konsep vintage yang datang ke sini untuk sekedar foto biasa atau kebutuhan prewedding. Bahkan tempat ini juga sering menjadi lokasi syuting program-program televisi.

Selain indah, Istana Air Taman Sari juga punya sejarah yang menarik untuk ditelusuri. Menurut informasi dari orang-orang setempat, dari jaman dahulu, Istan Air Taman Sari difungsikan sebagai kebun keraton untuk tempat istirahat orang-orang dari kerajaan.

● Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat
Kraton yang berada di Kota Yogyakarta ini adalah tempat tinggal resmi keluarga kesultanan. Meskipun begitu, tempat ini juga jadi salah satu aset wisata andalan yang dimiliki Yogyakarta. Tiap memasuki masa liburan, komplek kratron kesultanan Yogyakarta ini selalu banyak dikunjungi pengunjung.

Sebagai bangunan kesultanan, Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat memiliki arsitektur yang megah dengan gaya khas Jawa. Makanya, banyak turis dari dalam dan luar negeri yang senang untuk berfoto-foto di berbagai sudut kraton. Selain itu, didalamnya juga terdapat banyak koleksi kerajaan yang menarik untuk dilihat dan dipelajari.

● Alun Alun Selatan

Alun alun yang lebih dikenal dengan nama Alun Alun Kidul atau Alkid ini letaknya berada di belakang Kraton. Tempat yang satu ini juga punya nilai sejarah yang menarik untuk ditelusuri. Dulu, alun alun Selatan ini adalah sebuah kawasan yang berfungsi untuk menghubungkan kerajaan dengan dunia luar.

Sekarang, Alun Alun Selatan sudah menjadi ruang publik yang selalu ramai dikunjungi wisatawan atau masyarakat sekitar, khususnya saat sore hingga malam hari. Disana terdapat banyak jajanan yang nikmat untuk dicicipi. Selain itu, kamu juga bisa manaiki sepeda atau becak yang sudah dihias dengan lampu warna-warni yang cantik bersama teman-teman.

Belum cukup sampai di situ, Alun Alun Kidul ini juga punya dua buah pohon beringin tua atau beringin kembar yang mengandung mitos unik. Konon, jika ada seseorang yang mampu berjalan di antara kedua beringin itu dengan mata tertutup, segala keinginannya akan terkabul. Namun, banyak orang yang selalu gagal untuk melintasi beringin kembar tersebut meskipun merasa sudah melangkahkan kaki dengan selurus mungkin. Mitos ini akhirnya menjadi sebuah permainan dan tantangan yang sangat disukai oleh orang-orang yang berkunjung ke sana. Kalau kamu sedang berlibur di Yogyakarta, tidak ada salahnya untuk mencoba permainan yang satu ini. Penasaran juga kan jadinya :)

● Benteng Vredeburg
Benteng yang terletak di jalan Ahmad Yani ini sangat erat kaitannya dengan era pendudukan Belanda di Indonesia beberapa ratus tahun yang lalu. Dahulu, benteng ini dibangun oleh pemerintah Belanda atas ijin Sultan Hamengku Bowono I dengan tujuan untuk menjamin dan melindungi kraton dari serangan musuh. Makanya, di sekitar benteng Vredeburg pun dibuat kan beberapa parit.

Namun, banyak yang bilang kalau tujuan untuk melindungi kraton dari serangan musuh ini hanyalah motif dari pemerintah Belanda untuk memata-matai dan mengontrol segala aktifitas yang terjadi di dalam kraton. Pada saat itu, pemerintah Belanda merasa khawatir atas kemajuan pesat yang terjadi di kraton. Mereka pun berinisiatif untuk mengontrol pergerakan dan aktifitas kesultanan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya permusuhan antara pihak Belanda dengan kesultanan.

Sekarang, benteng pertahanan yang satu ini sudah disulap menjadi museum. Tempat ini sangat disukai oleh orang-orang yang menginginkan tempat wisata yang menarik sekaligus edukatif. Soalnya, didalamnya terdapat berbagai benda bersejarah yang menarik untuk dipelajari.

Selanjutnya, kamu bisa mencari Hotel dekat Malioboro karena di sana ada banyak penginapan murah dengan fasilitas menarik. Untuk mendapatkannya kamu bisa mengakses situs pencari dengan kode Cari hotel di Malioboro di reservasi.com, maka kamu akan memperoleh kamar hotel pilihan dengan penawaran harga terbaik.

Jadi, ayo kita dolan nang Jogja!

1 comment:

  1. Saya baru sekali ke Jogja dan sepertinya cuma kawasan Malioboro yang saya kunjungi. Ternyata masih banyak yang belum saya lihat -_-

    Semoga kapan-kapan bisa main lagi ke Jogja. Saya jadi penasaran dengan tantangan beringin kembar hahaha :))

    Terima kasih atas sharing informasinya mbak :D

    ReplyDelete