Wednesday, August 16, 2017

PELUANG BISNIS PERSEWAAN DI TEMPAT WISATA

pic source: pinterest
Sudah lama nggak ketemu seorang teman kuliah, malah ternyata dia sekarang buka persewaan kendaraan kecil-kecilan di kota tempat dia tinggal. Sebenarnya cukup mengagetkan karena dulu kayaknya dia bukan tipikal orang yang bakalan buka usaha gitu... eh apalagi saya ya? Hahaha!

Membuka bisnis persewaan merupakan jenis usaha jasa yang paling mudah untuk dijalankan dan pastinya menguntungkan apalagi bayarnya menggunakan proses pembayaran online yang cepat. Peluang bisnis ini cocok bagi orang orang yang tidak suka bekerja di kantor dan juga menjadi pilihan yang cocok untuk orang-orang yang kesehariannya kerja di kantor juga. 

Biasanya nih, daerah wisata merupakan hal yang sangat menjanjikan sekali untuk membuka peluang beberapa jenis bisnis persewaaan seperti misalnya bisnis persewaan yang dijalankan teman saya itu. Intinya adalah lokasi sangat menentukan perkembangan bisnis persewaan tersebut.

Bisnis persewaan harus kita integrasikan dengan hobi atau kegemaran. Ini penting untuk mengantisipasi kejenuhan seandainya bisnis yang kita kelola bukanlah bidang yang kita kuasai. Berikut ini adalah beberapa ide peluang bisnis persewaan di tempat wisata:

- Persewaan mobil termasuk bisnis yang tak kenal waktu dan musim. Semakin tingginya kebutuhan masyarakat akan sarana transportasi yang satu ini, membuat bisnis rental mobil menempati posisi teratas diantara sejumlah bisnis persewaan paling prospektif di Indonesia.
Kapasitasnya yang mampu menampung beberapa orang sekaligus, menjadikan mobil sebagai pilihan paling praktis untuk menjalankan bisnis atau berwisata ke tempat-tempat tertentu. Misalnya kita harus menjalankan tugas ke luar kota, rental mobil adalah pilihan paling efisien daripada kita membawa mobil sendiri. Hal ini tentunya lebih menghemat waktu dan tenaga.

- Persewaan motor memiliki konsumen yang beragam. Mulai dari turis lokal sampai dengan turis asing. Jangan salah, meskipun tiap individu sekaeang ini rata-rata memiliki motor, bukan berarti bisnis persewaan motor sulit dikembangkan. Supaya bisnis ini bisa berkembang, satu-satunya hal yang wajib diperhatikan adalah lokasi. Target bisnis rental yang satu ini umumnya kalangan mahasiswa, pegawai, atau turis mancanegara. Jadi jika lokasi sudah memenuhi tiga kriteria tersebut, kemungkinan besar bisnis ini dapat berkembang.

- Kamar mandi umum adalah jenis bisnis persewaan yang paling tepat dan mudah berkembang di kawasan pantai. Tentu saja target kita disini adalah para wisatawan yang sedang berlibur. Umumnya setelah berjalan-jalan atau berenang di pantai, para pengunjung membutuhkan sarana untuk membersihkan diri. Peluang ini yang harus kita manfaatkan sebaik-baiknya, yaitu dengan membangun sarana dan prasarana untuk kamar mandi. Intinya kamar mandi umum sangat dibutuhkan oleh pengunjung sebelum atau selepas menikmati keindahan pantai.

- Selain pantai yang terkenal dengan ombak tinggi favorit para peselancar, banyak juga pantai-pantai di Indonesia yang terkenal dengan ombaknya yang tenang serta memiliki panorama bawah laut yang sangat indah. Di pantai dengan ciri khas seperti ini kita bisa manfaatkan untuk membuka bisnis persewaan alat snorkeling dan diving.

Sebenarnya bisnis persewaan bukan satu-satunya peluang usaha yang bisa kita kembangkan di kawasan pantai. Jika kita hobi mengolah makanan, kita juga bisa membuka usaha di bidang kuliner disekitar pantai. Bisa berupa rumah makan, cafe, atau bahkan tenda makan bogkar pasang. Tentunya menu yang kita sediakan harus ada kaitannya dengan hasil pantai misalnya, ikan bakar, bakso ikan dan sebagainya. 



Selain bisnis persewaan dan kuliner, di kawasan pantai kita juga bisa membuka bisnis jualan cinderamata. Adapun cinderamata yang dimaksud bisa berupa kerajinan tangan dari kerang atau berbagai souvenir seperti kaos dan baju pantai. Kamu juga bisa jual online hasil kerajinan tangan yang bisa dibayar dengan e-money yang sudah banyak dipakai saat ini.

Intinya sih usahakan kalau bisnis yang kita pilih sesuai sama bidang minat kita biar nggak bosen dan nggak berhenti ditengah jalan :)

No comments:

Post a Comment