Tuesday, August 1, 2017

MACAM MACAM JENIS LARI BERDASARKAN JARAK TEMPUHNYA


Selama ini apabila kamu bingung ingin bikin baju lari, kamu bisa mencarinya di beberapa vendor yang menerima jasa pembuatan baju running ini. Namun sebelum membicarakan mengenai kaos sport ini, sebaiknya kamu memahami terlebih dahulu apa saja jenis olahraga lari bedasarkan jarak tempuhnya.

Perlu diketahui bahwa atletik merupakan salah satu cabang olahraga yang sering dipertandingkan saat perlombaan olahraga. Atletik memiliki gerak dasar yang perlu kamu ketahui. Gerak dasar atletik meliputi lari, lompat, jalan, dan lempar. Lari termasuk salah satu cabang olahraga atletik. Sehingga berdasarkan jarak tempuhnya, lari dibedakan menjadi 3 macam.

Pertama, ada lari jarak pendek. Lari jarak pendek biasanya disebut sprint. Jarak tempuh lari jarak pendek ialah 100 meter, 200 meter, dan 400 meter. Lalu mungkin kamu akan kebingungan, bagaimana cara melakukan gerakan lari jarak pendek tersebut?

Gerakan-gerakan lari jarak pendek antara lain mengambil sikap start jongkok di belakang garis start, kemudian pemandangan lurus ke depan. Setelah itu mendengarkan aba-aba, ”siap” kemudian ”ya”. Kamu bisa berlari secepatnya. Namun pemandangan harus tetap lurus ke depan. Setelah itu, lengan berayun seirama gerak kaki, dari depan ke belakang.

Kedua, ada lari jarak menengah. Lari jarak menengah juga dikenal sebagai lari halang rintang. Nomor lari jarak tengah meliputi 800 meter, 1500 meter, dan 3000 meter. Nomor lari tersebut mewakili jarak yang harus ditempuh oleh pelari tersebut. Gerakan-gerakan dalam lari jarak menengah yaitu mengambil start berdiri di belakang garis start, lalu pemandangan ke depan. Peserta harus mendengarkan aba-aba ”siap” kemudian ”ya”. Kecepatan langkahnya hanya setengah lari jarak pendek. Setelah itu, lengan berayun dari belakang ke depan, seirama langkah kaki. Kamu harus menambah kecepatan lari saat mendekati garis finish.

Ketiga, ada lari jarak jauh yang juga disebut sebagai lari maraton. Beberapa nomor lari yang dilombakan pada lari ini yaitu 10.000 meter ke atas dan 42,195 km. Gerakan-gerakan dalam lari jarak jauh antara lain mengambil start berdiri, lalu pemandangan lurus ke depan. Setelah itu berlari rileks dengan langkah kaki yang stabil. Lalu gerak lengan berayun dari belakang ke depan, seirama langkah kaki. Dan terakhir menambah kecepatan lari saat mendekati garis finish. Itu tadi beberapa jenis lari berdasarkan jarak tempuhnya. Mana lari yang sering kamu lakukan?

Saat sedang melakukan lari, baik untuk latihan maupun kompetisi, kamu memerlukan kaos lari yang bisa digunakan khusus saat sedang melakukan olahraga ini. Jangan sampai hanya menggunakan kaos biasa yang tidak sesuai. Kamu memerlukan kaos yang mampu menyerap keringat dan nyaman digunakan saat sedang berlari. Ingat, saat berolahraga sebisa mungkin kamu harus mengenakan pakaian yang nyaman.

Apabila kamu mencari vendor yang menyediakan baju running ini, kamu bisa mencari beberapa vendor yang menawarkan jasa bikin baju lari dengan harga terjangkau namun kualitasnya tetap unggul. Jangan pernah mematok dengan harga yang murah. Harga tentu akan berpengaruh terhadap kualitas. Namun belum tentu juga harga yang tinggi bisa menjamin kualitas unggul pada baju tersebut. Pilih bahan berkualitas agar baju lari kamu bisa nyaman saat dipakai. Kemudian sesuaikan juga dengan budget yang dimiliki. Kamu harus pintar-pintar memanfaatkan promo atau diskon dari vendor, terlebih jika ingin membuat baju lari dalam jumlah yang banyak.



1 comment:

  1. Selama ini cuman lari yang karak menengah sih dan pake kaos dan rok celana hahaha...

    ReplyDelete