Wednesday, March 24, 2021

MENGENAL JENIS-JENIS MOTOR YANG PERNAH DIPRODUKSI SUZUKI

Suzuki merupakan produsen motor asal Jepang yang cukup populer di Indonesia. Perusahaan ini juga telah membuat banyak motor dengan teknologi tinggi serta dilengkapi performa mesin yang handal dan tangguh.


Lalu, apa saja produk dari Suzuki motors? Daftarnya dapat Anda simak pada penjelasan berikut, demikian pula dengan masih-masing contohnya.

Motor Bebek

Motor bebek merupakan sepeda motor yang berukuran kecil yang kerangkanya terbuat dari sebuah pipa berdiameter besar pada sebagian besar rangka. Model ini terkenal dengan design step-through di barat. Nama ‘bebek’ dipakai untuk model ini karena bentuknya yang menyerupai bebek.

Motor bebek masuk ke Indonesia pada tahun 1960an dan motor jenis ini digunakan pada tahun 1998 an hingga 2000 an. Beberapa motor bebek Suzuki pernah menjadi motor bebek terlaris dan paling populer di Indonesia. Berikut  diantaranya.

1. Suzuki Satria Fu

Motor Suzuki Satria Fu adalah motor bebek Suzuki yang memiliki desain seperti ayam jago. Desain yang unik ini menarik perhatian anak muda karena bentuknya yang berkesan gagah. Motor ini juga memiliki komponen mesin dan teknologi yang canggih.

2. Suzuki Satria Young Star

Motor ini adalah varian yang paling baru dari Suzuki Satria Fu. Perbedaan Suzuki satria young star dengan pendahulunya adalah motor ini menggunakan mesin 4 tak dengan kapasitas mesin 115cc. Sedangkan pada pendahulunya, menggunakan kapasitas mesin 150 cc.

Suzuki Satria Young Star juga telah menggunakan sistem fuel injection. Jadi, bahan bakar yang digunakan untuk motor ini jauh lebih irit.

Motor Matic

Motor matic adalah motor yang dalam pengoperasiannya tidak menggunakan operan gigi manual serta akselerasi yang digunakan cukup satu. Body motor matic pada umumnya jauh lebih ringan dibandingkan dengan motor bebek, serta mempunyai ruang kosong antara jok dan kemudi.

Fungsi ruang kosong tersebut untuk meletakkan kaki atau membawa barang bawaan. Suzuki juga memproduksi beberapa motor matic, dan diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Suzuki Address Playful

Motor matic satu ini adalah motor dengan body ramping dan bobotnya bisa dikatakan cukup ringan, sehingga cocok untuk digunakan anak muda. Motor yang mempunyai tangki dengan kapasitas 5,2 liter ini mempunyai mesin dengan tenaga 113cc. Motor ini mempunyai 10 pilihan warna.

2. Suzuki Address FI

Motor Suzuki addres fl ini adalah motor yang pernah memperoleh penghargaan sebagai motor yang mempunyai daya konsumsi bahan bakar yang sangat baik. Sistem fuel injection dari motor ini membuatnya lebih irit dalam penggunaan bahan bakar.

Motor ini menggunakan mesin 113cc, dan ukuran tangki bensinnya 5,2 liter. Bagasi motor ini juga cukup luas, yaitu 20,6 liter.

Motor Sport

Motor sport adalah motor yang mempunyai penampilan layaknya motor balap dan performa motor ini di atas rata-rata dari sepeda motor matic maupun motor bebek. Motor sport terdiri atas berbagai varian sesuai dengan jenis dan kebutuhannya.

Suzuki sendiri memproduksi motor sport dengan mesin 4 silinder yang mempunyai kapasitas hingga 1.340cc. Selain itu, Suzuki juga memproduksi motor sport dengan mesin 2 silinder. Hanya saja, motor Suzuki dengan kapasitas 2 silinder belum dipasarkan di Indonesia.

Beberapa contoh motor sport Suzuki seperti Suzuki hayabusa yang pernah memecahkan rekor dengan menjadi motor sport tercepat di dunia, dan dibanderol dengan harga sekitar Rp 400 juta. Contoh lainnya diantaranya seperti Suzuki GSX R150, GSX-S150, dan GSX-S150 touring edition.

Motor Trail

Motor trail merupakan jenis motor yang dapat dipakai dalam berbagai kondisi jalanan, baik jalanan beraspal, berbatu, tanah, hingga jalanan berlumpur. Suzuki motor trail yang mempunyai kapasitas mesin 150cc cukup digemari di Indonesia. Berikut ini motor trail yang diproduksi oleh Suzuki.

1. Suzuki DR650SE

Motor trail ini mempunyai mesin 644cc yang membuatnya sangat powerfull apabila digunakan untuk melintasi medan offroad. Suzuki DR650SE juga mempunyai sistem transmisi 5 percepatan serta menggunakan dual purpose untuk ban yang membuatnya tetap nyaman untuk dikendarai.

2. Suzuki DR-Z400SM

Motor trail kali ini mempunyai velg bagian depan dan belakang yang sama, yaitu berukuran ring 17m sehingga lebih cocok untuk disebut super motor. Motor ini menggunakan kapasitas mesin 398cc, dan teknologi fuel injection, serta suspense upside down pada bagian depan untk kestabilan motor.

No comments:

Post a Comment