Friday, October 11, 2019

CARA ASYIK HITUNG KALENDER KEHAMILAN

Bagi para wanita hamil adalah hal yang paling menyenangkan. Berbagai hal dialami ketika hamil, mulai dari hal yang membahagiakan sampai menyedihkan. Melakukan beragam aktivitas pun tak pernah menjadi beban bagi ibu hamil selama menunggu bayi lahir. Tak sedikit ibu hamil yang memastikan tak sabar menunggu dengan memastikan kalender kehamilan kepada dokter atau bidan.

Merupakan suatu hal yang sangat penting bagi para ibu hamil untuk mengetahui usia kehamilan. Salah satu cara yang biasa dilakukan adalah dengan menghitung kalender kehamilan. Melalui usia kehamilan ibu dapat mengetahui bagaimana perkembangan pada bayi di dalam kandungan. Dengan begitu asupan gizi yang diberikan untuk janin harus benar – benar diperhatikan.

Cara Mengetahui Usia Kehamilan Ibu
Kalender kehamilan dapat dengan mudah diketahui dengan cara menghitung hari pertama haid terakhir. Cara tersebut adalah cara paling sederhana yang dapat dilakukan ibu dirumah. Mengetahui hari pertama haid terakhir dapat dipakai untuk menentukan usia kehamilan ibu dan perkiraan hari lahir.

Terdapat cara menghitung yang dapat dilakukan ibu untuk mengetahui usia kandungan. Namun jika ibu tak ingin repot menghitung, Ibu dapat menggunakan beberapa cara diantaranya :

1. Tingginya puncak rahim
Menghitung tinggi puncak rahim dapat dikatakan sebagai metode terakurat. Apabila jarak antara tulang kemaluan menuju ke puncak rahim sekitar 26 cm, hal itu berarti ibu memasuki usia kehamilan 26 minggu.

2. Merasakan gerakan janin
Janin akan mulai bergerak saat usia kehamilan memasuki 18 – 20 minggu. Namun sayang, gerakan janin sering terjadi secara lemah sehingga terkadang tidak disadari.

3. Menggunakan USG atau ultrasonografi
Cara paling mudah menghitung usia kehamilan adalah dengan USG. Dengan menggunakan alat USG, usia kehamilan dapat diketahui sangat akurat sampai sekitar 95 persen. Selain itu, waktu kelahiran pun dapat terlihat dengan jelas lewat gambar janin yang tertera pada monitor alat USG.

Ketika masa kehamilan 26 minggu ibu harus mulai memperhatikan usia kehamilannya dengan cara menjaga diri dan pola makanan yang dikonsumsi untuk mendapatkan janin yang sehat.

No comments:

Post a Comment