Sunday, July 14, 2019

REVIEW KDRAMA: ANGEL'S LAST MISSION LOVE, MALAIKAT YANG JATUH CINTA

Drama year: 2019
Genre: romance, fantasy

Sinopsis:
Lee Yeon Seo (Shin Hye Sun) memiliki semua yang gadis seusianya idamkan, dia cantik, kaya dan berbakat sebagai balerina. Tidak ada yang tidak jatuh hati menyaksikan tariannya yang indah dan emosional. Sayangnya kondisi Yeon Seo yang sebenarnya jauh dari bayangan orang-orang. Orang tua Yeon Seo meninggal saat dia masih muda dan saat mementaskan tarian Swan Lake, sebuah kandil besar di atas panggung pecah dan melukai matanya, menyebabkan dia buta.


Merasa seorang diri, tanpa keluarga yang menyayanginya, kecuali keluarga sepupu jauh yang tamak dan ingin menguasai yayasan balet milik orang tua Yeon Seo. Dalam kondisi itu balet sebagai satu-satunya yang dia pikir dia miliki pun harus ditanggalkan karena kebutaan yang dia alami.

Semua itu menyebabkan Yeon Seo bersikap pahit dan pesimis, serta pemarah. Tidak ada hari tanpa masalah di rumahnya yang besar. Bahkan dengan asisten rumah tangga dan keamanan yang banyak tidak memuaskan Yeon Seo dan temperamennya. Hanya Pak Jo, sekretaris pribadinya yang bersabar dan paling pengertian dengan semua sikap Yeon Seo. Pak Jo dulunya driver sekaligus orang kepercayaan orang tua Yeon Seo sejak dia kecil yang masih bekerja di mansion keluarga hingga saat ini.

Sementara itu Dan (L - infinite) adalah seorang malaikat yang bertugas untuk menjaga para hewan dan menjemput hewan yang mati untuk dikirim roh-nya ke surga. Suatu hari, hari terakhir Dan menjalankan tugasnya di dunia karena dengan semua tugas yang sudah dia selesaikan, dia bisa kembali ke surga. Beberapa jam menjelang masa tugasnya berakhir, diperjalanan sebelum menemui malaikat yang lebih senior, Dan menemukan sebuah kecelakaan mobil dan seorang gadis yang meminta pertolongan karena mobilnya tenggelam dalam sungai dan gadis itu berada di dalamnya dalam kondisi sekarat.
Dan ingin meninggalkan mereka dan kembali ke gereja, karena sebagai malaikat dia tidak boleh mencampuri takdir atas manusia. Namun entah mengapa bayangan seorang anak kecil yang tenggelam menyerbu kepalanya. Dan akhirnya menyelamatkan mobil itu, kemudian kembali ke gereja menemui malaikat senior.

Namun rupanya karena melakukan kesalahan fatal, Dan tidak bisa kembali saat itu ke surga. Dia mencampuri kejadian yang melibatkan manusia meskipun niatnya baik. Dan harus dihukum untuk menghilang menjadi abu. Tetapi karena do'a-do'a dari semua hewan yang pernah ditolong Dan sampai ke langit, Dan diberi satu kesempatan lagi dengan diberikan sebuah misi terakhir yang berkaitan dengan manusia yang sebelumnya pernah dia campuri takdirnya. Dan diubah menjadi manusia biasa bernama Kim Dan. Dia juga harus memastikan untuk membuat gadis yang ditolongnya menemukan jodohnya dan hidup berbahagia. Saat itulah misi Dan akan dianggap selesai dan dia bisa kembali ke surga tanpa harus menghilang.

Dengan senang Dan menerima misi itu. Meskipun akhirnya dia merasa sangsi setelah mengenal gadis itu dari dekat. Lee Yeon Seo, gadis yang dia tolong tidak hanya kasar dan ketus, dia tidak memiliki teman dan tidak disukai banyak orang disekitarnya. Bagaimana mungkin Dan bisa menemukan seseorang yang bisa menjadi jodoh Yeon Seo jika gadis itu tidak pernah bisa membuat orang lain menyukainya dengan tulus karena sikapnya yang menyebalkan?

Berhasilkah Dan menemukan jodoh terbaik untuk Yeon Seo dan kembali ke surga? Sementara setelah semakin mengenal Yeon Seo, Dan merasa mulai menyukai gadis itu.

Kata Ninda:
Shin Hye Sun ini bener-bener cocok setiap meranin seniman cewek ya. Balerina, violinist dan balerina lagi. Pertama kali lihat dia jadi balerina waktu di drama Oh my Ghost dan itu kece banget. Forever 17 as a violinist dan sekarang jadi balerina lagi. Cocok parah. Kalem-kalem anggun gitu.

Pernah lihat dia jadi pemain pendukung di drama The Legend of Blue Sea, jadi geologis yang kocak.

Sebenarnya banyak netizen yang menyayangkan didapuknya Shin Hye Sun sebagai karakter utama karena menurut mereka dia nggak cantik. Padahal woi dia cantiknya berkarakter dan punya kharisma gitu. Memang bukan tipe cancik gemash ala korea tapi suka banget cewek ini. Lagian aktingnya bagus banget. Nggak pernah nyesel sih lihat drama-drama dia so far, karena aktingnya itu lho... kece.

Dan L sendiri, sebagai idol juga mumpuni kok untuk diadu sama Hye Sun. Nggak semua idol bisa jadi aktor. Tapi yang bikin saya nggak ragu untuk nonton adalah karena sebelumnya saya pernah nonton akting L di drama Ruler: Master of The Mask. Aktingnya kece lho untuk ukuran idol, padahal kalau nggak salah itu drama pertama dia. Pasti nih fans-nya bangga banget sama skill akting L.

Drama ini mungkin bukan sesuatu yang baru dari cerita per-dramaan ya, mungkin kamu akan dapat vibes yang mirip dengan My Love from The Stars-nya Jun Ji Hyun dan Kim So Hyun. Kisah cinta dua dunia yang complicated. Meskipun dari segi cerita ya beda jauh lah ya. Alam dan peraturan para malaikat sedikit banyak diceritakan di drama ini jadi kita nggak menerka-nerka seperti halnya My Love from The Stars. Serta karakter-karakter 'segar' yang beda dengan kebanyakan drama korea sejenis.
Geum Ni Na misalnya, meskipun bersaing dengan Yen Seo dalam hal balet namun dia tidak memiliki niat jahat sedikitpun untuk mencelakakan Yeon Seo. Dia kesal pada Yeon Seo yang lebih berbakat darinya soal balet, namun dia tidak memiliki niat jahat pada sepupunya itu. Kalau Kdrama lain sudah pasti karakter semacam Ni Na lah yang paling antagonis. Anyway saya baru aja re-run KDrama My Love from The Star, eh ternyata dia juga ada di drama itu sebagai asistennya Cheon Song Yi gara-gara ini KDrama favorit saya all the time.
Di drama ini saya sering ngakak gara-gara Angel Hoo, atasan Dan yang punya kemampuan meminjam raga manusia sehingga bisa dengan gampang menyamar menjadi apa saja.
Banyak penonton setia drama ini yang mengancam protes ke KBS kalau akhirnya sad ending. Saya sih nggak masalah sama sad ending yang penting masuk akal gitu.

Mungkin karena menerima banyak protes itulah jadinya ending rada halu dan berkesan nggak masuk akal demi memuaskan penggemar. Tapi masih oke kok bahkan sampai akhir ending ya. Menurut saya pribadi last scene-nya saja yang halu. Oh ya ada juga yang sepertinya luput dari penggalian karakter ya. Seperti guru balet Ni Na yang eksentrik, permasalahan dibalik mengapa dia jadi seperti itu dan Ru Na yang berkarakter ekstrem. Ada bisikan-bisikan ala jin tiap dia muncul dan itu sebenernya bikin penasaran banget. Tapi kenapa ya nggak didalami lagi. Atau mungkin emang kurang banyak 16 episode yang masing-masing dibagi 2 ini jadi banyak yang menggantung dan nggak terjelaskan dengan baik.

Tapi tetep kok layak tonton banget drama unyu ini, terutama untuk yang rada susah move on dari drama-drama manis nggak usah mikir seperti Her Private Life, ini bisa jadi gantinya.

No comments:

Post a Comment