Friday, March 10, 2017

AIR CONDITIONER BERDASARKAN TIPE DAN CARA KERJANYA

AC (Air Conditioning) adalah sebuah perangkat elektronik yang berfungsi untuk mendinginkan ruangan. AC sudah menjadi kebutuhan yang tidak dapat ditinggalkan khusunya pada area perkantoran, mall, hingga perumahan-perumahan elite. Pada umumnya AC dibagi menjadi beberapa tipe diantaranya:

Split Type Air Conditioner

White HC Type

Split type adalah salah satu jenis AC yang memiliki dua komponen yaitu Unit Indoor yang biasanya terdiri dari evaporator dan evaporator blower, expansion valve dan control unit, filter udara, serta unit outdoor yang biasa terdiri dari compresor, refigerant filter dan condenser blower. Biasanya AC jenis ini dipasang pada ruangan yang tidak berhubungan dengan udara luar seperti toko, ruko, sekolah, atau kantor. Jika AC yang di pasang memiliki satu unit komponen di luar dan satu unit komponen di dalam, itulah yang disebut Split Type Air Conditioner.

Multi split Air Conditioner
general-multi-type-system-500x500

Multi split air contioner adalah salah satu jenis AC split dengan indoor lebih dari dua unit namun hanya memiliki satu unit outdoor saja. Artinya AC jenis ini hanya menggunakan satu blower untuk mencover lebih dari dua unit AC indoor (yang untuk mendinginkan ruangan). Cara kerja multi split air contioner ini sama dengan Ac tipe single unit. Perbedaannya hanya jika pada multi split air conditioner terdapat komponen elektronik dan kran selenoid valve pada bagian outdoornya. Misal menggunakan satu outdoor dengan lima indoor unit AC, maka pada bagian outdoor unit terdapat lima buah kran selenoid valve yang menghubungkan bagian indoor dengan outdoor. 

Air Conditioner Central Type

ceiling-vent

Jenis AC ini memiliki cara kerja yang cukup sederhana dan biasa dipakai pada bangunan dengan sekala besar seperti mall atau perkantoran. Berbeda dengan multi split Ait Conditioner, AC jenis ini akan mendinginkan udara yang ada pada sebuah ruangan dengan mengalirkannya pada cooling plant di luar ruangan. Setelah udara didinginkan, udara akan dialirkan kembali ke dalam ruangan atau bangunan tersebut.

Air Conditioner Cassette / Mini Cassette Type

SLZ-KA-Ceiling-Cassette-Air-Conditioning-Living-Room
AC jenis ini juga biasa dipakai untuk perkantoran dengan skala yang besar. AC Cassete adalah salah satu jenis ac yang menempel di plafon. Cara kerjanya mirip dengan multi split air conditioner, namun cara pemasangannya berbeda. Di butuhkan keahlian khusus untuk memasang ac tersebut. 

Floor Standing Type
DAIKIN AC FLOOR STANDING FVRN71AXV1
Jika AC Cassette memiliki sistem kerja yang mirip dengan multi split air conditioner, AC jenis ini sangat berbeda. AC floor standing type dapat disebut juga dengan AC Portable. Jenis AC ini biasanya memiliki bentuk yang dapat berdiri dan dapat di pindah-pindah sesuai dengan kebutuhan. Karena sangat simple, AC ini biasa digunakan untuk acara-acara indoor yang memerlukan unit pendingin secara mendadak.

No comments:

Post a Comment