Friday, April 3, 2020

REVIEW KDRAMA: TELL ME WHAT YOU SAW, MENCARI PEPPERMINT CANDY KILLER

Sinopsis:
Cha Soo Young (Soo Young Girls Generation) terlahir dari kedua orang tua tuna wicara. Di persimpangan jalan saat hujan, mata kanak-kanaknya menjadi saksi ibunya menjadi korban tabrak lari saat hendak menyeberang membawakan dia sebuah payung.

Benaknya masih bisa jelas merekam plat nomor mobil, lelaki di jok depan dan anak kecil di jok belakang. Namun saat memberi pernyataan pada polisi sebagai saksi, polisi justru tidak bisa menemukan nomor plat yang diberikan Soo Young. Menurut polisi yang bertugas mendengarkan kesaksiannya, nomor plat mobil tersebut tidak terdaftar.
Ingatan pada saat kecelakaan sang ibu adalah pertama kalinya Soo Young menyadari bahwa dia memiliki ingatan fotografi yang kuat dan detail.

Kasus sang ibu yang tidak terselesaikan, membuat Soo Young memutuskan untuk bekerja sebagai polisi ketika dewasa. Terus berusaha melakukan penyelidikan yang sama dengan hasil buntu, rupanya untuk mencari tahu lebih lanjut terkait kasus itu dia membutuhkan akses data yang lebih luas.

Untuk mendapatkan akses data yang lebih luas, berarti Soo Young juga harus memiliki jabatan yang lebih tinggi. Sayangnya kota kecil tempat dia tinggal hampir tidak ada kasus serius yang dapat menjadi batu loncatan promosi sebagai salah satu indikator kenaikan jabatan. Sebagai polisi patroli, tugas Soo Young kadang menangkap kambing lepas warga setempat. Kotanya memang aman dan damai.

Hingga suatu hari saat hujan lebat, seorang petani yang tinggal tidak jauh dari rumah Soo Young tanpa sengaja menemukan mayat dalam koper. Siapa sangka penemuan itu merubah segalanya.

Sementara Oh Hyun Jae (Jang Hyuk) adalah seorang profiler yang pensiun dini karena cacat yang dialaminya dalam sebuah kecelakaan besar di sebuah perempatan. Kecelakaan itu menewaskan tunangannya Han Yi Soo. Namun kecelakaan lalu lintas itu rupanya bukan sekedar kecelakaan biasa. Han Yi Soo adalah calon korban dari pembunuh berantai peppermint candy yang gagal dibunuh namun juga gagal diselamatkan dari kecelakaan. Kecelakaan itu diklaim menewaskan tersangka pembunuh berantai. Namun rupanya ada banyak rahasia yang ditutupi dalam kecelakaan tersebut.

Kata Ninda:
Tell me what you saw termasuk drama yang masih baru, episode terakhir dramanya baru selesai disiarkan sekitar bulan Maret lalu. Jujur sih saya nonton dalam kondisi tanpa ekspektasi, cuma kepo aja karena drama crime-nya OCN biasanya selalu bagus dan layak tonton.

Setiap drama OCN biasanya menawarkan plot twist berlapis yang menarik untuk disimak dan membuat story line drama sama sekali tidak membosankan.

Tell me what you saw adalah drama pertama yang saya tonton yang menampilkan sosok profiler yang beda dengan drama lain yang sudah saya tonton sebelumnya. Biasanya profiler selalu rapi, bersih, cerdas dan seringnya bekerja di belakang meja. Oh Hyun Jae sangat berkebalikan melalui ciri khasnya yang gondrong dengan pakaian yang 'sesuai selera dia aja'. Belum lagi karakternya yang cenderung tampak sosiopat dan naluri membunuh yang tidak kalah dengan pelaku kejahatan sendiri. Entah mungkin karena sangat mendalami pekerjaannya atau memang dia memiliki situasi psikis khusus juga.

Disini ada karakter Kang Dong Shik (Eum Moon Suk), senior Soo Young di kepolisian. Sejak episode pertama langsung saya kenali sebagai pemeran Jang Ryeong di drama sebelah. Saya masih belum move on dari karakter Jang Ryeong  preman berambut bob yang kelakuannya super random di drama The Fiery Priest.
Kang Dong Shik / Tell Me What You Saw
 Jang Ryeong / The Fiery Priest
Iya mereka orang yang sama :D Dan karena bagi saya karakter Jang Ryeong yang random ini berkesan banget makanya susah deh nggak ketawa setiap kali ada scene dengan Kang Dong Shik.

Soo Young untuk ukuran idol, bisa saya bilang bahwa aktingnya sungguh tidak mengecewakan. Ekspresinya pun dapet, nggak flat dan tanpa ekspresi. Drama ini sangat tidak mengecewakan dan membuat saya tidak menyesali hari-hari yang saya habiskan menamatkan drama ini.

Di pertengahan saya agak kaget ketika pelaku sudah menunjukkan wajahnya. Soalnya kayak bukan ciri khasnya OCN sih, OCN biasanya baru menunjukkan pelaku dan gambaran keseluruhan di episode-episode menjelang akhir. Syukurlah ternyata ada berlapis plot twist yang menunggu dan perlahan tersingkap seiring cerita.

Untuk yang suka drama genre crime dan misteri... wajib banget nonton drama ini!

Rating: 4/5

No comments:

Post a Comment