Friday, January 24, 2020

MAANFAAT DAN RUANG LINGKUP AUDIT ENERGY

Manfaat Audit Energi
1. Tersedianya informasi mengenai kinerja penggunaan energi pada fasilitas, sistem, area dan proses pada usaha pertambangan bagi manajemen perusahaan dan para divisi atau unit (produksi, engineering, utility, procurement, HSE, manajemen mutu dan lain-lain).
2. Mendukung upaya efisiensi dan konservasi energi oleh industri dalam rangka penghematan penggunaan sumber daya (terutama energi) pada sektor usaha pertambangan dan upaya pengurangan biaya produksi/opersioanal dalam bisnis.
3. Pemenuhan terhadap regulasi pemerintah tentang manajemen energi (PP No 70 Tahun 2012 tentang Manajemen Energi) dan Pemenuhan Prasyarat Proper terkait dengan Upaya Konservasi dan Efisiensi Energi pada kegiatan usaha perusahaan
4. Peningkatan image perusahaan tentang upaya kepedulian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan dengan mendukung program penurunan emisi CO2 pada industri melalui upaya penurunan intensitas energi atau konsumsi energi spesifik pada industri, yang mendung peningkatan daya saing dan penerapan industri yang berkelanjutan.

Ruang lingkup audit energi
Lingkup audit energi secara garis besar meliputi beberapa aspek, diantaranya:
1. Persiapan tim audit, sumber daya, peralatan pendukung dan mobilisasi lapangan.
2. Pengumpulan informasi awal tentang profil dan proses produksi tambang pada perusahaan tambang dan fasilitas pengguna energi (termasuk bangunan)
3. Kick off meeting dan Awarness training (capacity building) dan koordinasi
4. Pengumulan data sekunder dan identifikasi awal
5. Indentifikasi awal terhadap data sekuder
6. Analisa terhadap penggunaan energi berdasarkan data primer dan sekunder
7. Identifikasi peluang atau potensi penghematan energi
8. Evaluasi ekonomi peluang atau potensi peluang penghematan energi
9. Penyusunan rekomendasi (usulan kebijakan atau program, kegiatan dan rencana tindak)
10. Penyususnan dan pemaparan draft laporan pelaksanaan audit energi
11. Finalisasi dan penyerahan laporan akhir pelaksanaan audit ergi (termasuk rencana implementasi monitooring konservasi dan efisiensi energi)

Salah satu perusahaan audit energi adalah Sewatama. Perusahaan ini telah berpengalaman dalam melakukan audit energi dalam rangka implementasi ISO diberbagai perusahaan terkemuka dan didukung oleh tenaga auditor yang telah berpengalaman.

No comments:

Post a Comment