Tuesday, December 6, 2016

( REVIEW FILM ) FANTASTIC BEAST AND WHERE YOU CAN FIND THEM


Year: 2016

Genre: Fantasy / Action

Rating:
7,8 IMDB
75% Rotten Tomatoes
66% metacritic

Sinopsis:
Newt Schamander (Eddie Redmayne) baru saja menyelesaikan perjalanan berkeliling dunia pada tahun 1926 untuk menemukan dan mendokumentasikan hal-hal yang berhubungan dengan serangkaian makhluk gaib yang luar biasa. Dia sampai di New York sebagai tempat pemberhentian singkat saja. Newt menyetel koper yang dibawanya agar para muggle (orang-orang non sihir) tidak mengetahui apa sebenarnya yang berada dalam kopernya ketika pemeriksaan keamanan. Dia mungkin saja bisa singgah sebentar untuk kemudian pergi dari New York tanpa masalah, Newt meyakini itu ketika baru tiba.


Sementara di New York ada beberapa kejadian yang menggemparkan warga karena ada sesuatu yang besar dan tidak kasat mata yang memporak porandakan kota, tidak ada yang tahu apa itu namun kementerian sihir sedang menyelidikinya dan menduga bahwa ini ulah dari hewan sihir.

Newt terus berjalan dan berusaha menenangkan hewan-hewan gaib yang dia simpan di dalam kopernya karena mereka mulai ribut dan tidak tenang. Dalam perjalanan Newt menemukan kerumunan yang sepertinya kesal dan berdemonstrasi akan sesuatu, ternyata itu adalah komunitas pembenci penyihir bernama New Salem yang sedang menggelar orasi bahwa semua yang terjadi belakangan ini di New York adalah ulah para penyihir, maka mereka harus mencari dan memusnahkan penyihir agar tidak ada kejadian seperti itu lagi.

Salah satu hewan Newt berhasil keluar dari koper dan berkeliaran, Newt mulai mengejarnya hingga sampai ke sebuah bank. Hewan itu berbentuk mirip tikus namun lebih besar dan memiliki kantong besar pada perutnya, dia menyukai benda-benda yang berkilau dan bank seperti surga bagi binatang itu. Newt kerepotan kesana kemari sementara si binatang berkeliaran dan mengambili semua benda berkilau yang berhasil dia temukan.

Di lain pihak, Jacob Kowalski (Dan Fogler) juga sedang berada di bank itu dan menghadap seorang atasan bank untuk mendapatkan pinjaman membuka usaha toko roti, saat ini dia bekerja di pabrik pengalengan ikan, sebelumnya dia adalah tentara yang ditugaskan dalam perang. Pegawai bank bertanya apa jaminan yang dia ajukan untuk pinjamannya? Jacob membuka kopernya yang penuh roti-roti menawan. Dia optimis bisa membuat orang lebih bahagia dengan roti buatannya. Pegawai bank berkata itu bukan jaminan dan menolak pengajuan pinjaman Jacob.


Di bank, karena suatu kondisi Jacob dan Newt bertemu dan Jacob harus terlibat dugaan pencurian sewaktu tanpa sadar bersama Newt mengejar hewannya yang masuk ke dalam brankas besi, mereka melarikan diri namun sebelum berpisah koper mereka tertukar.


Tina Goldstein (Katherine Waterson) seorang auror kementerian sihir Amerika yang diberhentikan dari tugas aurornya untuk dipindah ke bagian surat menyurat mengawasi kejadian itu dan memutuskan melaporkan Newt ke atasannya Graves (Colin Farell). Laporan itu tanpa tindakan karena ternyata isi koper Newt hanyalah roti. Mereka bergegas segera untuk menemukan Jacob sebelum hewan-hewan dalam koper Newt kabur karena ketidaktahuan Jacob yang seorang no-maj (sebutan untuk seseorang non sihir di Amerika).


Terlambat, rumah Jacob berantakan dan dia terluka karena koper Newt yang terbuka. Newt dan Tina tiba untuk menolong Jacob dan menangkap kembali hewan-hewan Newt yang melarikan diri. Setelah menangkap beberapa, Tina membawa mereka ke apartemen yang dia tinggali bersama kakaknya Queenie (Fina Frenzy) seorang penyihir yang ternyata spesialisasinya adalah seorang pembaca pikiran dengan tujuan agar mereka bisa dibawa ke kementerian sihir esok hari dengan Jacob sebagai saksinya.


Setelah dijamu, malamnya Newt mengajak Jacob masuk ke koper tempat laboratorium, ruang kerja sekaligus kandang semua peliharaannya untuk diobati. Newt juga meminta bantuan Jacob untuk menunjukkan tempat-tempat mana yang mungkin didatangi hewannya yang kabur. Jacob kemudian mau menunjukkan tempat sekaligus membantu Jacob, Newt mulai menyukai teman barunya yang baik hati ini.




Lain tempat, saat orasi dan kampanye pemilihan calon walikota, terjadi kekacauan yang menyebabkan salah seorang calon walikota mati dengan kondisi mengenaskan dan wajah yang nampak mengeriput setengah bagian. Ini sangat aneh, serangan tersebut seperti hanya ditujukan untuknya karena selebihnya tidak ada korban.

Apakah sebenarnya yang terjadi di kota New York? Betulkah itu semua karena hewan-hewan yang kabur dari koper Newt atau hal lain?
Ah, film ini wajib ditonton bagi para penggemar dunia sihir Harry Potter.

Kata Ninda:
Saya sudah menonton film ini beberapa minggu lalu, dan baru sekarang bisa menuliskan sinopsis lengkapnya disini. Kenapa? Entah kok sedang malas saja. Jadi kata siapa saya nggak pernah mengalami masa malas menulis? Bukan karena nggak ada topiknya, tapi malas dan moodnya juga rasanya nggak pas.

Padahal rencananya mau nulis sinopsis drama juga hehe. Yah semoga cepat terealisasi saja lah ya :)
Selalu banyak hal yang berada di kepala saya dan pengin saya tulis tapi kalau mood sudah bereaksi kayaknya ya gitu deh, jatuhnya nggak produktif.

Anyway teman-teman sudah nonton drama ini belum?

Fantastic beast and where you can find them sebenarnya ada bentuk bukunya, nggak gitu tebel. Sebenarnya buku ini buku pelajarannya Harry Potter dan teman-temannya di kelas yang ditulis oleh Newt Schamander. Jadi penuh deh dengan coret-coretan Harry dan teman-temannya. Kadang-kadang coretan iseng, keterangan atau obrolan mereka. Saya pernah memiliki bukunya dan buku itu benar-benar bisa mengobati rasa kangen baca kisah-kisah Harry Potter, berlaku juga untuk film ini. Kangen banget sama dunia sihir di kepala JK Rowling yang dituangkan dalam bentuk buku dan film. Teman-teman yang belum pernah nonton film Harry Potter sebelumnya atau baca bukunya mungkin agak bingung dengan beberapa istilah dan konflik disini seperti misalnya tentang dunia sihir saat itu yang dihebohkan oleh penyihir kuat bernama Grindelwald yang sangat sulit dikalahkan karena kekuatannya namun juga sangat ambisius, semacam Voldemortnya masa itu lah ya.

Dalam buku Harry Potter ada kok bahasan tentang Grindelwald yang semula adalah pemilik tongkat sihir tak terkalahkan. Grindelwald disini diperankan oleh Johny Depp, tapi nongolnya cuma sepersekian detik banget lah ini. Serasa belum puas lihat acting Johny Depp disini. But I can tell he's act as Garret Grindelwald well. Cucok banget diperankan oleh oom depp memang tokoh ini.

Waktu saya nonton kemarin, rating film ini masih 8, eh sekarang kok hanya 7,9 versi IMDB ya? Padahal filmnya bagus sih menurut saya, mungkin karena saya suka banget magic world versi JK Rowling kali ya.

Yang pasti saya suka banget film ini dan nggak keberatan nonton ulang :)

all pic taken random by Google

3 comments:

  1. uda takfollow nin blog yang ini
    hmmm ini sering liat trillernya di cannel first media
    takpikir yang main itu emeran di film perfume, iya bukan ya
    ahhh aku malah penasaran ama johny deppna,secara kan dia suka meranin yang aneh2

    ReplyDelete
  2. Aku selalu gagal kalau mau ngereview film... binguuung hahaha... seperti biasa, nunggu dvd nya ajah hahaha... tp penasaaaaaran.

    ReplyDelete
  3. Film nya seru banget kak Ninda :D kangen banget sama dunia sihir nya Harry potter..

    ReplyDelete