Thursday, March 14, 2019

KEUNGGULAN DAN KELEMAHAN PRINTER KAOS DTG

Pernah dengar nggak mengenai mesin printer DTG?
Jika kita adalah orang yang sedang atau akan merintis bisnis kaos, sudah tentu mesin printer DTG sudah tidak lagi asing bagi kita. Walaupun mesin printer DTG tampak terlihat bagus sebab menggunakan basis digital, namun juga menyimpan beberapa kelemahan tersendiri.

Apakah kamu berencana merintis bisnis kaos juga? Jika kaos yang ingin kamu produksi dibuat dengan metode print kaos DTG, kamu dianjurkan untuk mengetahui keunggulan dan kelemahannya terlebih dahulu. Dibawah ini merupakan keunggulan dan kelemahan dalam penggunaan mesin printer DTG yang layak kita ketahui.

Keunggulan Mesin DTG
DTG adalah kepanjangan dari Direct To Garment. Desain kerja mesin printer ini mampu membantu mencetak ilustrasi gambar maupun tulisan pada kaos yang menghasilkan kualitas yang tinggi. Dengan demikian, mesin printer ini mampu meningkatkan proses produksi sehingga dapat mengoktimalkan penggunaan waktu dan biaya. Dibawah ini adalah keunggulan dari penggunan mesin DTG.

#1 Mesin DTG memungkinkan kita untuk memperoleh hasil sablon yang bagus
Bagaimana cara kita tahu cara membedakan hasil sablon yang bagus dan kurang bagus? Gampangnya, kita bisa menyamakan kualitas kaos yang sudah kita beli terlebih dahulu. Desain hasil cetak dapat merata dan jelas serta memiliki ketajaman yang tinggi. Hasil warna cetakan mesin DTG juga dapat di bandingkan dengan metode sablon manual. Selain warna, hasil cetakan sablon dapat halus dan awet karena tinta dapat meresap sempurna pada kain. Sablon kaos tidak akan mudah luntur meskipun beberapa kali di cuci.

#2 Mesin printer DTG tidak menerapkan teknik transfer paper
Transfer paper merupakan metode memperoleh desain dengan menggunakan media perantara kertas khusus sebelum dicetak pada permukaan kaos. Setelah ilustrasi gambar dirasa sudah tersalin pada kertas, langkah berikutnya dilakukan press dengan menggunakan mesin hot press. Meskipun memberikan kemudahan, harga transfer paper yang relatif cukup tinggi membuat membengkaknya biaya produksi pada pangadaan peralatan. Selain transfer paper, mesin press kaos juga memiliki harga yang cukup mahal pula. Penggunaan kedua mesin ini juga akan menyebabkan pembengkakan pada biaya kebutuhan listrik untuk produksi. Printer DTG hadir untuk memberikan solusi produksi sablon yang hemat.

Keunggulan printer DTG juga memungkinkan kita untuk mencetak sablon pada kaos berbahan dasar 100% katun. Hasil cetakan yang kita dengan menggunakan mesin DTG tersebut dapat akan lebih bagus dari pada menggunakan sablon manual.

Pebisnis sablon kain diuntungkan oleh keunggulan mesin DTG yang hemat biaya dan sangat efisien waktu produksi sehingga memungkinkan dapat menerima pemesanan berbagai warna desain sablon. Printer DTG juga memanfaatkan fungsi mesin komputer sehingga memudahkan kita untuk memesan desain. Aplikasi Corel Draw pada umumnya digunakan untuk memperlancar proses produksi desain sablon.
Kelemahan Printer DTG
Setiap pengguaan alat pemuas kebutuhan sudah tentu memiliki kekurangan. Begitu pula dengan penggunaan printer DTG dalam produksi. Meskipun menawarkan fitur keunggulan namun juga memiliki kelemahan. Dibawah ini adalah penjelasan dari kelemahan mesin DTG yang perlu kita pertimbangkan:

#1 Penggunaan mesin DTG tidak bisa digunakan untuk produksi sablon secara masal
Printer DTG memiliki beberapa jenis mesin. Sebagian besar diantaranya memiliki kelebihan dalam mencetak sablon dalam jumlah satuan. Kondisi ini tidak memungkinkan bagi kita menerima pemesanan sablon kaos masal karena tidak efisiennya mesin pendukung produksi.

#2 Mesin printer DTG tidak dapat diterapkan ke berbagai jenis kain
Hanya sebagian kecil jenis kain katun cocok menggunaan mesin ini. Tetapi tidak semua mesin DTG tidak cocok dengan jenis katun, kita harus mengetahui spesifikasi printernya terlebih dahulu. Dengan demikian, kita harus berhati-hati menggunakan mesin ini untuk mencetak sablon kaos.

Sudahkah kamu ketahui juga bahwasanya mesin printer DTG merupakan hasil modifikasi sehingga rawan muncul berbagai permasalahan? 
Setelah memiliki mesin ini, tentu saja kita harus rutin melakukan perawatan agar peforma mesin tetap terjaga. Harga mesin DTG yang mahal namun belum tentu memberikan kita kepastian akan bebas dari permasalahan dalam masa operasional mesin. Karena sebab inilah kita harus teliti sebelum memutuskan membeli printer DTG.

Diharapkan penjelasan singkat mengenai keunggulan dan kelemahan mesin DTG dapat menambah wawasan kita semua dalam dunia bisnis sablon digital. Sukses selalu untuk pebisnis sablon Indonesia!

No comments:

Post a Comment