Friday, September 14, 2018

INILAH 5 TIPS DAN TRIK SEWA RUMAH YANG NYAMAN DAN AMAN

Rumah tak ubahnya sesuatu yang sangat berharga. Terlebih bagi mereka yang sudah membina kehidupan rumah tangga. Keberadaan hunian yang layak tak bisa dipungkiri menyumbang peran yang signifikan bagi kelangsungan hidup mereka, terutama untuk memenuhi kebutuhan jasmani serta rasa aman dari ancaman yang membahayakan.

Seiring berjalannya waktu, banyak inovasi yang sengaja dihadirkan berkaitan dengan tempat tinggal ini. Termasuk bagi mereka yang tidak memungkinkan mendirikan rumah lantara beberapa alasan, seperti karena imigran, budget yang belum cukup, atau ketersediaan lahan yang tidak menjamin. Semua problema tersebut bisa diatasi dengan sewa rumah.

Nah, bicara soal tempat tinggal yang begitu kompleks, tentu bukan perkara mudah ketika kita harus memutuskan rumah mana yang akan ditinggali. Khususnya jika hunian tersebut ditinggali dalam jangka waktu yang panjang. Berbagai bahan pertimbangan pun harus kita perhitungkan baik-baik.

Bagi Anda yang berencana untuk sewa rumah, berikut sejumlah tips sederhana yang bisa Anda aplikasikan guna menghindari penipuan atau kekecewaan lantaran rumah yang Anda dapat tidak sesuai dengan keinginan.

Harga
Apapun konsekuensinya, patokan yang dipasang oleh penyedia tentu berdampak pada fasilitas serta kelengkapan rumah yang dipunyai. Meski tidak semua rumah sewaan memasang tarif yang fantastis, namun usahakan Anda jangan mudah tergiur apabila diiming-imingi rumah dengan harga miring.

Mengapa? Di zaman yang serba pelik seperti sekarang ini, banyak oknum tidak bertanggung jawab sengaja menggunakan kedok demi melancarkan aksi mereka.

Sesuaikan dengan anggaran yang Anda miliki. Jika Anda menginginkan rumah murah di Jakarta dengan kualitas middle dan mengutamakan kenyamanan, maka sebenarnya Anda tak perlu susah payah menguras kantong. Melakukan survei melalui internet sehubungan dengan sewa rumah juga tidak ada salahnya.

Lokasi
Tips yang selanjutnya ini pasti sudah sangat familiar sekali dengan Anda bukan? apalagi jika Anda pekerja atau karyawan kantor yang diharuskan datang tepat waktu, berkutat dengan tumpukan deadline, hingga berjibaku dengan kemacetan ibu kota yang super menyebalkan. Belum lagi keharusan datang ke tempat kerja on time. Area yang strategis inilah yang menjadi perhitungan Anda paling utama.

Jika berniat untuk sewa rumah di kawasan yang dekat dengan kota, Anda juga harus berani menanggung setoran atau harga yang lumayan mahal. Namun Anda pun akan mendapatkan keuntungan, dimana Anda memperoleh akses yang mudah untuk membeli atau menikmati fasilitas umum yang tersedia.

Struktur tanah
Rumah yang didirikan di daerah lereng dengan kemiringan yang mengkhawatirkan, dekat dengan aliran sungai, atau berada di atas tanah yang labil adalah sederet indikator yang wajib Anda hindari. Bukan hanya tidak kerasan untuk ditinggali, sewa rumah dengan keadaan tanah yang tidak stabil juga mengancam keselamatan Anda. Untuk itulah, kenali lebih dalam hunian semacam apa yang akan Anda tempati. Lakukan konsultasi lebih dulu jika ada hal yang masih mengganjal.

Anda tentu tidak ingin kan jika sudah membayar mahal namun dirugikan?. Longsor dan banjir hanya akan menyita waktu Anda dan keluarga. Repot dan menyebalkan.

Desain
Inilah tipe yang mutlak diperhatikan oleh Anda yang suka sekali dengan seni atau keindahan dari benda terapan tersebut. Entah mewah atau sederhana, sebetulnya sama saja. Asalkan lingkungan di sekitarnya asri dan memberi Anda jaminan kenyamanan yang mumpuni.

Terdapat agen sewa rumah yang menyuguhkan konsep unik. Misal rumah simpel dengan perpaduan budaya Jawa dan Bali, nuansa pedesaan yang masih sangat kental, hingga rumah modern klasik.

Untuk harga yang ditawarkan biasanya sepadan dengan sarana dan prasarana yang disajikan.

Kondisi bangunan
Lakukan kunjungan atau datang langsung ke lokasi untuk mengecek apakah rumah masih layak atau tidak bisa Anda lancarkan. Rumah dengan keadaan baik seperti yang disebutkan oleh pemiliknya bisa dilihat dari dinding yang tidak mengelupas, air bersih, atap yang kokoh dan tidak bocor, terbebas dari hama dan rayap, serta struktur bangunannya yang masih berdiri tegak.

Ciri-ciri dari penyedia sewa rumah yang recommended ini akan membuat Anda bisa tinggal dengan tenang tanpa harus melakukan perbaikan sebelumnya.

Perlengkapan memadai
Mulai dari kamar mandi, lemari, ruang tamu, dan tempat pokok lainnya harus tersedia di tempat tinggal yang akan Anda sewa. Adapun fasilitas penunjang lain yang bisa anda jadikan pedoman antara lain sarana pendidikan, hiburan berupa restoran atau bioskop, tempat bermain, hingga arena olahraga dan taman kota yang bisa dengan gampang Anda jangkau. Cocokkan dengan gaya hidup Anda.

Anda akan senang bila dekat dengan hal-hal yang Anda sukai untuk sekedar melepas kepenatan.

Tidak semua tips diatas bisa Anda jumpai dengan usaha minim pada agen sewa rumah. Namun paling tidak Anda mengetahui hal-hal apa saja yang musti diperhatikan. Menjelajahi portal properti yang dilengkapi dengan fitur filter pencarian canggih juga bisa Anda andalkan.

Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment