Tuesday, October 10, 2017

REVIEW KDRAMA: THE BEST HIT


Drama years: 2017
Genre: Romance
Episode: 32

Sinopsis:
Hyun Jae (Yoon Si Yoon) pada tahun 1993 adalah idol papan atas. Semua lagu yang diciptakan dan dinyanyikan olehnya melalui duet J2 selalu menjadi hits. Tidak hanya karir musiknya yang cemerlang dan sering dianggap brilian dalam menciptakan lagu, Hyun Jae juga dikenal modis dan tampan sehingga sering terlibat skandal. Hyun Jae saat itu tengah menjalin hubungan dengan Boo Hee (Yoon Son Ha), penyanyi wanita yang dijuluki peri dan keduanya dimanageri oleh orang yang sama Gwang Jae (Cha Tae Hyun).



Ditengah kepopulerannya menjadi artis papan atas, Hyun Jae juga berselisih dengan manajemen tempatnya bernaung hingga kemudian memutuskan untuk berhenti dari dunia musik dan mendadak menghilang. Berita Hyun Jae yang menghilang hanya diketahui oleh orang-orang dalam manajemennya dan tentu saja mereka sangat marah karena Hyun Jae juga membawa dan menyembunyikan semua royalti yang diperolehnya dari penjualan lagu dan sebagainya padahal seharusnya uang itu tidak sepenuhnya hak Hyun Jae.

Setelah menghilang dari manajer dan semua orang, mendadak suatu hari mobil Hyun Jae ditemukan berada ditepi sebuah danau dalam keadaan kosong. Tidak ada Hyun Jae didalamnya, semua orang mencari Hyun Jae bahkan manajernya berhenti sementara dari bisnis entertainment dan melakukan perjalanan untuk mencari Hyun Jae, sia-sia dia tetap tidak ditemukan dan diklaim meninggal setelah jejaknya tetap tidak ditemukan dalam waktu sekian tahun.

Tahun 2017, Gwang Jae masih menjalankan bisnis entertainment kecil dengan dua orang artis wanita. Gwang Jae tinggal bersama pemimpin perusahaan entertainment tempatnya dulu bekerja Lee Soon Tae, Cucu Soon Tae - Mal Sook, Ji Hoon anak lelaki Gwang Jae dan Bo Hee yang bekerja mengurus toko roti milik mereka bersama.

Ji Hoon sebenarnya bukan putra kandung dari Gwang Jae, tapi adalah anak dari Bo Hee dan Hyun Jae. Gwang Jae ingin agar Ji Hoon yang cerdas bersekolah dengan baik dan mengikuti ujian untuk menjadi pegawai negeri karena dia tidak ingin Ji Hoon masuk dalam dunia entertainment yang memiliki pendapatan tidak tentu. Namun Ji Hoon justru ingin menjadi idol dan sedang menjalani masa training di perusahaan Star Punch entertainment secara sembunyi-sembunyi dari seluruh keluarganya.

Ji Hoon bersahabat dengan Woo Seung, gadis yang ingin menjadi pegawai negeri karena menginginkan hidup stabil karena karena pengaruh dari kehidupan ibunya setelah perceraian. Mereka berteman sejak kecil, namun sebenarnya Ji Hoon sudah lama menyukai Woo Seung meskipun berulang kali tidak jadi menyatakannya.



Ini saat-saat yang berat bagi Woo Seung, bekerja paruh waktu di beberapa tempat, belajar untuk ujian pegawai negeri dan pacar yang berselingkuh dengan sahabat yang menjadi teman serumahnya. Dan kejadian itu justru pada akhirnya semakin mempermalukan Woo Seung yang justru berakhir di kantor polisi. Ji Hoon berusaha menolong dan mereka pulang bersama, dalam perjalanan pulang tanpa sengaja mobil mereka menabrak seorang laki-laki muda berpenampilan aneh. Laki-laki itu berpakaian dengan cara yang jauh ketinggalan jaman dibanding orang lain seusianya dan mengaku hilang ingatan karena tabrakan itu.

Mereka melarikan ke rumah sakit dan memeriksa identitasnya di kantor polisi. Kaget karena polisi berkata bahwa laki-laki itu berusia 41 tahun dan sudah dianggap meninggal puluhan tahun lalu.

Merasa bersalah, Ji Hoon mengizinkan laki-laki bernama Kim Da Bong itu untuk tinggal bersama di loteng bersama Woo Seung dan MC Drill - teman dekatnya di training Star Punch.

Kim Da Bong sendiri sebenarnya adalah Hyun Jae dari tahun 1992. Pada suatu malam badai, tanpa sengaja dia terpeleset dan jatuh dari tangga, ketika terbangun dia berada di depan tempat tinggalnya namun semuanya terasa berbeda. Dia terjatuh dari tangga dan bangun saat tahun 2017. Entah dia bermimpi atau mulai gila, Hyun Jae kebingungan. Dia bertemu dengan Boo Hee yang sudah ibu-ibu, Gwang Jae yang sudah menua serta Soon Tae yang dulunya pimpinan perusahaan, dan bahwa mereka sangat marah kepada Hyun Jae yang tiba-tiba menghilang membawa banyak uang dan menempatkan mereka semua dalam masalah keuangan perusahaan.


Hyun Jae berusaha bersikap senormal mungkin dan menemui Gwang Jae yang marah padanya, dari Gwang Jaelah Hyun Jae tahu bahwa Ji Hoon ternyata adalah anaknya. Dan Ji Hoon menyukai Woo Seung yang tinggal bersama mereka secara sembunyi-sembunyi. Sementara interaksi dan kondisi yang membuat mereka sering bersama, juga membuat Hyun Jae sadar bahwa dia juga menyukai Woo Seung. Bagaimana mungkin seorang ayah menyukai wanita yang ditaksir anaknya sendiri? Berulang kali Hyun Jae berusaha menyadarkan dirinya.

Hyun Jae juga tahu bahwa cita-cita Ji Hoon yang sebenarnya adalah menjadi idol. Dia ingin membantu Ji Hoon meraih apa yang dia inginkan tanpa merasa perlu terpaksa mengikuti ujian pegawai negeri. Ini sangat wajar mengingat kedua orang tua kandung Ji Hoon adalah idol pada masanya.

Sementara misteri menghilangnya Hyun Jae pada tahun 1993 terasa sangat misterius dan aneh, Hyun Jae yang datang dari setahun sebelum menghilangnya dia berusaha untuk memecahkan misteri dibalik hilangnya dirinya di tahun 1993. Motif, orang yang terlibat, serta jejak uang yang disimpannya sendiri tanpa diketahui siapapun.

Berhasilkan Ji Hoon menjadi idol sesuai cita-citanya? Bagaimana Hyun Jae membantu Ji Hoon sekaligus memecahkan misteri dibalik hilangnya dia secara misterius?

Kata Ninda:
Meskipun episodenya banyak, tapi karena menurut komentar banyak orang ini drama yang layak tonton, jadi saya mencoba nonton. Episodenya memang cukup panjang sih 32 episode. Tapi episode-episode awalnya bikin saya terus-terusan ketawa dan jatuh hati pada drama ini hingga memutuskan untuk mengikuti sampai habis.

Banyak banget adegan lucu yang mengocok perut dan nggak pernah failed bikin ketawa. Uniknya lagi dalam drama ini buanyak banget cameo yang muncul, cameonya dari para aktor/aktris dan idol yang cukup well known. Ada Jang Hyuk dengan pakaian rapi dan obrolan randomnya, boyband yang berada di dalam lift untuk event, Lee Kwang So yang memerankan pacar Woo Seung dan banyak banget cameo-cameo yang bikin ngikik karena mereka juga sama famousnya dengan aktor di drama ini pada dunia nyata.

Banyak juga plot yang seharusnya berkembang dalam drama ini, tapi rupanya harapan dan ekspektasi saya terlalu tinggi.

Semula saya pikir ini soal bagaimana seorang Hyun Jae yang mendadak jadi time traveler mencari penyebab misterius dari menghilangnya dia secara tiba-tiba, memperbaiki kesalahan pada masa lalunya yang cukup bad attitude dan membantu Ji Hoon menjadi idol. Dari judulnya aja ya The Best Hit, ekspektasi saya ini adalah drama tentang Ji Hoon dan perjuangan Ji Hoon untuk menjadi idol yang sama besar dengan kedua orang tuanya pada masa mereka masih muda. Serta bagaimana Hyun Jae menjadi tim sukses yang mengantarkan Ji Hoon dalam proses itu. Drama ini akan jauh lebih matang secara plot dan juga lebih sukses karena cerita yang jelas nggak pasaran jika dibuat seperti itu.

Jika memang harus ada percintaan, harusnya ini tentang Ji Hoon dan Woo Seung baik mereka jadi pasangan atau nggak tapi harusnya ini tentang mereka. Tapi penulis cerita drama ini kayaknya terlalu kebulet sama dua karakter yang seharusnya berperan penting menjadi saling naksir alias Hyun Jae dan Woo Seung. Nggak tahu deh, rasanya dari awal sudah nggak tepat kalau mereka jadi pasangan.

Latar belakang Hyun Jae yang membuat ini jadi aneh, saya juga nggak ngerasain chemistry antara dia dan Woo Seung. Karena sejak awal ya mendekatkan dua karakter ini beneran kesalahan fatal.

Pada akhirnya penulis malah membuat Hyun Jae si time traveler seperti orang yang berbeda dengan Hyun Jae di tahun 1993 padahal mereka orang yang sama. Seolah-olah ayah Ji Hoon adalah Hyun Jae tahun 1993, dan tahun 1992 bukan jadi nggak masalah kalau dia pacaran sama cewek yang ditaksir anaknya. OMG ini kacau banget. Belum-belum bagian penyelesaiannya yang saya rasa mengacaukan logika.



Hyun Jae harusnya kembali ke tahun 1992 dan memperbaiki semuanya, dia harus kembali karena kalau nggak maka Ji Hoon nggak akan ada dan semuanya akan berantakan karena timeline sebab akibat yang kacau pada masa ini.

Terlalu banyak kekecewaan saya pada drama ini meskipun banyak orang yang suka. Saya suka banget sama Yoon Si Yoon tapi drama ini kelewat ambigu dan kelewat nggak bisa dilogikain (only in KDramaland yang masuk akal) sehingga rasanya bikin skill dia sia-sia banget dengan plot cerita yang bikin pusing kepala dari bagian tengah sampai akhir ini.

Terus menurut saya kelewat banyak adegan makan dan ngobrol terutama antara Woo Seung dan Hyun Jae. Drama ini bisa jauh lebih baik kalau yang bikin ceritanya mikir dengan bener, kayaknya dia ngelindur mulai bagian pertengahan dan mengacaukan ekspektasi penonton dengan percintaan receh yang nggak pada tempatnya, serta adegan-adegan cheesy yang saya nggak suka nontonnya.

Interaksi antara Woo Seung dengan MJ sebenernya lebih kuat chemistrynya dan I think they'd be so cute together. Saya juga suka karakter MJ yang diperankan Cha Eun Woo, dia karakter yang paling nggak boring selain Drill dan bikin kita penasaran apa sih maunya?

Unfaedah :p Pas kelar nonton ini saya juga baca-baca banyak komen yang udah nonton, beberapa saya reply dan surprising ternyata banyak yang sama pendapatnya dengan saya. Jadi, kalau teman-teman sudah nonton ini juga, sharing dong komentar soal drama ini. Saya pengin tahu apa kita mikirin hal yang sama atau saya yang kelewat demanding sama cerita :)


2 comments:

  1. Alasan nonton ini cuman gegara penasaran debut duo sutradaranya, yg punya background varshow 2D1N, dan bisa dibilang semua cast 2D1N jd cameo malahan (kecuali Joon young) Dan emng di pertengahan eps, sudah mulai mbulet sih..

    ReplyDelete
  2. Udah cukup lama nggak update disini karena nonton drama ini sampai tamat ya mbak? *eh -_-

    Ribet juga ya ternyata alur ceritanya mbak, sampai-sampai ada time travel di dalamnya. Mohon maaf sebelumnya, saya kurang suka nonton drama korea. Jadi, saya nggak bisa komentar apa-apa tentang ekspektasi saya mbak hehe :D

    Terima kasih atas sharingnya mbak ;)

    ReplyDelete