Tuesday, February 21, 2017

( REVIEW KDRAMA ) THE LEGEND OF THE BLUE SEA


Drama year: end of 2016
Genre: fantasy
Rating:
Asian Wiki 89%
Viki: 9.5/10
Episode: 1-20

Sinopsis:
Pada masa Joseon suatu hari badai hebat sedang melanda lautan dan berimbas kepada daratan yang berbatasan dengan pantai disekitarnya. Badai hebat turun semalaman sehingga warga tidak ada yang berani keluar dari rumahnya masing-masing. Beberapa perahu rusak karena hebatnya badai.
Perlahan badai menenang dan berhenti menjelang pagi.

Pagi harinya, warga keluar dari rumahnya masing-masing dan mereka takjub melihat banyak ikan berada di tepi pantai berserakan sangat banyak. Mereka juga menemukan banyak kerang dan segera memungutinya. Mereka memang tidak bisa melaut karena banyaknya perahu yang rusak namun ikan dan hewan-hewan laut itu datang sendiri dan mereka hanya perlu memungut lantas membawanya pulang.

Salah seorang warga mendengar suara dari sebuah gua di dekat pantai, dia mencari arah datangnya suara dan mendapati seorang wanita tertimbun reruntuhan yang diakibatkan oleh badai. Orang itu terkejut dan segera memanggil warga lain untuk membantunya mengeluarkan si wanita dari tumpukan sisa badai. Ketika berhasil menyingkirkan reruntuhan dari tubuh si wanita kagetlah mereka karena ternyata wanita itu adalah putri duyung (Jun Ji Hyun). Bersama-sama mereka membawa sang putri duyung ke tepi sungai dan mengikatnya agar tidak kabur. Mereka memberikannya kepada pejabat daerah setempat. Sang pejabat - Lord Yang (Sung Dong-Il) senang sekali dan membiarkan putri duyung berada di kolam di kediamannya.



Lord Yang ternyata sedang kedatangan tamu seorang walikota yang membawahi daerah tersebut bernama Kim Dam Ryeong (Lee Min Ho). Lord Yang menunjukkan putri duyung yang berhasil ditangkap warga dan menjadi miliknya yang berada di kolam kepada Kim Dam Ryeong dan berkata bahwa dia ingin membakar putri duyung itu dan mengekstraknya menjadi minyak langka yang sangat berharga karena fungsinya.



Kim Dam Ryeong tersenyum dan perlahan mengatakan pada Lord Yang kesalahan-kesalahannya yang bisa menyeret dia dengan hukuman berat bila Dam Ryeong menyampaikannya kepada raja. Lord Yang memohon ampun dan berkata bahwa dia akan melakukan apa saja agar Dam Ryeong tidak mengadukannya.

"Apa saja?" tanya Dam Ryeong memastikan.
"Apa saja," kata Lord Yang.

Dam Ryeong meminta agar putri duyung itu dibebaskan. Dam Ryeong sendiri yang melepaskannya ke laut, sebelum pergi putri duyung mengulurkan tangannya pada Dam Ryeong, dan dia menyambutnya. Lord Yang sangat gusar karena putri duyung lepas dari genggamannya. Apapun yang terjadi dia ingin menangkap dan mendapatkan kembali si putri duyung. Tetua nelayan berkata padanya bahwa ketika Dam Ryeong menerima uluran tangan putri duyung maka itu berarti mereka akan bertemu lagi. Tangan yang disambut menyebabkan takdir mereka akan bertaut. Lord Yang tertawa senang karena dengan begitu dia hanya tinggal tetap dekat dengan sang walikota untuk mendapatkan informasi jika Dam Ryeong bertemu lagi dengan si putri duyung.


Di masa kini, Heo Joon Jae (Lee Min Ho) adalah seorang penipu ulung. Bersama dengan Jo Nam Do (Lee Hee Joon) dan Tae Oh (Shin Won Ho) mereka menipu orang-orang kaya dan lenyap tanpa jejak. Heo Joon Jae bertugas sebagai pengalih perhatian dengan hipnotisnya dan Tae Oh adalah seorang hacker dengan kemampuan yang tidak diragukan sementara Nam Do sangat ahli mencari data korban dan dalam strategi eksekusi.



Setelah memperoleh uang yang tidak sedikit karena penipuan yang mereka lakukan maka mereka memutuskan untuk berlibur dalam kondisi terpisah ke tempat yang berbeda. Joon Jae sendiri pergi ke Mediterania yang terkenal memiliki laut yang indah.


Seorang putri duyung terbawa badai arus bawah laut ke dekat hotel tempat Joon Jae menginap. Dengan mengendap dia berenang di kolam renang hotel. Setelah berjalan-jalan sejenak di luar, Joon Jae kembali ke kamar hotelnya dan memilih pakaian untuk dikenakan. Kaget, ada sepasang kaki disana. Ada seorang gadis (Jun Ji Hyun) yang memakai sweaternya. Gadis itu kuat dan sangat aneh, dia tidak menjawab sepatah katapun ketika ditanya dan terlihat bodoh. Joon Jae menelepon polisi untuk menahan si gadis. Setelah gadis itu dibawa ke kantor polisi, Nam Do yang melihat foto gelang yang dipakai si gadis meyakini kalau gelang itu bernilai milyaran. Karena itu Joon Jae segera ke kantor polisi dan mencabut tuduhannya untuk membawa gadis itu pulang.


Joon Jae berbaik hati kepada si gadis dengan membelikannya baju sepatu dan makanan untuk memperoleh gelang bernilai miliaran yang dipakai si gadis.

Apa yang terjadi selanjutnya? Apa Joon Jae dan gadis tidak dikenal itu kemudian bisa dekat? Nonton yuk dramanya!

Kata Ninda:
Jujur awalnya saya pikir usia mermaidnya ratusan tahun lho karena flashback jaman jadul ke masa kini tapi ternyata enggak. Drama ini sangat menyita perhatian bahkan di episode pertamanya saja rating sudah melesat diatas DoTS alias Descendants of The Sun. Saya sih interest karena suka sama Jun Ji Hyun dan Lee Min Ho, keduanya actingnya bagus dan total banget.

Jujur juga episode-episode awal saya suka banget karena plot cerita yang unik dan anti mainstream. Penipu dan putri duyung? Unik kan... cuma pas ke tengah dan sampek akhir kok menurut saya ceritanya nggak gitu menarik lagi ya... meskipun plot twist endingnya bikin saya surprise tapi happy endingnya biasa sih mainstream gitu. Hmm rada disayangkan.

Oh ya OST.nya juga bagus-bagus kok ini, next saya tulis list-nya ya dan pemandangan laut mediterania tuh birunya bikin pengin nyebur meskipun cuma pas episode-episode awal :p

Nonton ini pertama ngakak parah karena kepolosan mermaid-nya (kemudian dinamai Sim Chung) lucu banget dan bikin saya ketawa-tawa bagian tengah mulai banyak konflik tapi tetep ada lelucuannya sampek ending jadi ini tontonan ringan buat kita yang butuh hiburan dengan nonton drakor. Well not bad kok. Dan chemistry Lee Min Ho dengan Jun Ji Hyun juga kerasa :)

credit: all pic taken from random googling

3 comments:

  1. Rekan2 guru cewek d tmpt kerjaku yg kebetulan usianya 11-12 ma aku, juga pernh ngmongin drakor ini. Malah nawarin aku buat nonton. He cuman aku udah gak mau nonton drakor lagi. Bikin baper. Stop drakor!

    ReplyDelete
  2. o kamsudnya ini pergantian dimensi waktu masa jadul ke modern gitu nyin, salfok ma ahjussi yang pake baju kuning, sering banget deseu jadi polisi di film thriler

    ReplyDelete
  3. Lee min hoo lagi 😆😆
    Aku kira kolonial gitu ternyata bukan yaaak haha

    ReplyDelete