Monday, July 29, 2019

SISTEM PENCERNAAN LEBIH SEHAT DENGAN CARA BERIKUT

Ada berbagai sistem kerja organ tubuh di dalam tubuh manusia, salah satunya yakni sistem pencernaan. Sistem yang satu ini begitu penting karena menentukan seberapa optimal penyerapan nutrisi ke dalam tubuh kita. Tapi, tahukah Anda kalau ada beberapa cara agar sistem pencernaan dalam tubuh kita bisa lebih baik? Beberapa tips berikut bisa Anda lakukan untuk membantu sistem pencernaan dalam tubuh.

Memperhatikan Serat pada Makanan
Agar sistem pencernaan dalam tubuh Anda bisa bekerja dengan baik, usahakan untuk selalu mengonsumsi makanan yang berserat. Makanan berserat sangatlah baik untuk membantu sistem pencernaan tubuh karena berguna untuk mencegah berbagai masalah dalam sistem pencernaan seperti sembelit, divertikulosis, wasir dan iritasi pada usus. Selain itu, mengonsumsi makanan yang berserat juga sangat bermanfaat apabila Anda ingin menjaga bentuk tubuh atau ingin menurunkan berat badan secara signifikan. Beberapa makanan berserat yang bisa Anda konsumsi antara lain seperti sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan. Selalu sediakan makanan yang berserat di setiap porsi makan Anda agar sistem pencernaan dalam tubuh tetap terjaga kesehatannya.

Pelan-pelan saat makan
Untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan, kita tidak hanya perlu memperhatikan apa saja makanan yang dikonsumsi. Lebih dari itu, Anda juga perlu memperhatikan bagaimana cara Anda dalam mengonsumsi makanan. Sebab, kebiasaan makan yang buruk dapat mengganggu sistem pencernaan dalam tubuh.

Salah satu kebiasan yang perlu dihindari adalah makan secara tergesa-gesa atau terburu-buru. Meskipun beberapa orang dituntut untuk makan dalam waktu yang relatif cepat, namun bukan berarti hal ini merupakan hal yang baik bagi sistem pencernaan. Sebab, sistem pencernaan akan dipaksa untuk bekerja lebih keras untuk mencerna makanan yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, proses penyerapan nutrisi juga tidak akan berjalan optimal saat Anda makan dengan durasi yang lebih cepat. Jadi, usahakan untuk mengonsumsi makanan secara perlahan sampai makanan benar-benar lembut dan siap untuk dicerna tubuh.

Dua hal diatas merupakan tips yang bisa Anda terapkan untuk membantu sistem pencernaan dalam tubuh. Punya masalah dalam sistem pencernaan seperti perut kembung? Selalu sediakan obat mengatasi perut kembung di rumah Anda. Kunjungi Go Apotik untuk mendapatkan berbagai pilihan obat secara praktis.

No comments:

Post a Comment