Monday, June 3, 2019

REVIEW KDRAMA: BEAUTIFUL WORLD, MENCARI KEBENARAN DIBALIK TRAGEDI

pic from: here
Genre: Family
Drama year: 2019

Sinopsis:
Park Seon Ho, anak sulung dari Park Moo Jin (seorang guru SMA) dan Kang In Ha (pemilik toko roti)  tidak juga pulang dari sekolah meskipun malam telah larut. Ponselnya tidak bisa dihubungi, meskipun dia sudah berjanji untuk menyaksikan bulan merah bersama sang ayah di rumah. Masalahnya tidak biasanya Seon Ho, anak lelaki remaja kelas 3 SMP itu tidak juga pulang tanpa kabar, ini bukan karakter Seon Ho. Moo Jin dan In Ha terus bertanya-tanya apa yang terjadi pada Seon Ho ketika mereka berusaha menghubungi teman-teman Seon Ho yang mereka kenal namun tidak satupun yang sedang bersamanya.

pic source: here
Hingga berita bahwa Seon Ho jatuh dari atap sekolah sampai ke keduanya. Berita itu langsung serta merta memukul keluarga mereka yang biasanya hangat dan bahagia menjadi muram dan dirundung kesedihan. Terutama ketika vonis dokter menyatakan Seon Ho mengalami koma. Park Soo Ho (adik Seon Ho yang sekolah di SMP yang sama di kelas dibawah Seon Ho) shock dan menolak untuk melihat kakaknya yang terbaring koma di rumah sakit.
pic source: here
"Aku akan mengunjunginya nanti ketika dia sadar," kata Soo Ho berulang-ulang kepada kedua orang tuanya. Bukannya dia membenci kakaknya, Soo Ho hanya tidak sanggup melihat kakaknya yang selalu baik hati dan bersikap manis mendadak terbaring tidak berdaya dan tidak sadarkan diri. Padahal kemarin mereka baru saja berdebat di meja makan sebelum berangkat sekolah.

Yang mengejutkan, jatuhnya Seon Ho dari atap sekolah diklaim sebagai usaha bunuh diri. Moo Jin dan In Ha heran dengan kesimpulan itu, mereka menilai Seon Ho tidak mungkin bunuh diri dan bahwa tidak ada alasan yang mereka tahu itu mungkin bagi Seon Ho untuk berniat bunuh diri. Mereka bukan tipe orang tua yang memaksakan anak-anak mereka harus berprestasi atau bernilai bagus. Tidak ada surat bunuh diri dan semuanya tampak normal-normal saja dalam beberapa hari lalu bahkan ketika Seon Ho bersiap berangkat sekolah dipagi hari sebelum dia jatuh dari atap. Tidak ada tanda-tanda khusus bahwa dia putus asa dan berniat bunuh diri, bahkan dia membuat janji dengan Moo Jin untuk menyaksikan fenomena langit bersama setelah dia pulang sekolah.

Moo Jin dan In Ha percaya bahwa Seon Ho tidak bunuh diri, ada orang lain yang bersamanya di atap malam itu, yang entah bagaimana mengatur semua itu agar terlihat seperti peristiwa bunuh diri. Masalahnya siapakah orang itu dan apa alasannya? Mereka berdua tidak mengerti. Seon Ho hanyalah anak remaja kelas 3 SMP biasa, manis dan baik hati, bukan tipe anak nakal yang banyak musuh di sekolah, bukan juga tipe anak yang tidak punya teman. Teman Seon Ho banyak dan semua orang menyukai kepribadiannya yang hangat.
pic from here
Kedua orang tua Seon Ho membawa masalah ini ke sekolah, yang sayangnya tidak mendapatkan follow up yang baik. Pihak sekolah justru ingin menutup kasus itu secepat mungkin alih-alih mencari kebenaran dalam kasus itu. Polisi juga tidak bisa berbuat apa-apa karena kurangnya barang bukti. Moo Jin dan In Ha merasa mereka harus berjuang sendiri menemukan kebenaran dibalik jatuhnya Seon Ho sekaligus merawatnya yang sedang koma.

Sementara itu Soo Ho yang satu sekolah dengan Seon Ho berusaha menyelidiki apa yang terjadi pada kakaknya dengan caranya sendiri meski tidak jarang justru berbuah kerumitan yang diluar perkiraannya. Komanya Seon Ho hanyalah awal dari kondisi berduka keluarga kecil yang semula bahagia dan selalu ceria ini.

Apa yang sebenarnya terjadi pada Seon Ho, apa alasan dibalik jatuhnya Seon Ho dari atap?
Nonton drama ini deh :D

Kata Ninda:
Pertama lihat publishnya, lah ini kan aktor anak-anak yang keren aktingnya itu. Sudah semakin gede sekarang. Dia sering banget memerankan amsa kecilnya aktor Lee Jong Suk deh. Seperti di Pinokio dan While You Were Sleeping.

Drama ini digadang-gadang bakalan menyamai suksesnya Sky Castle, drama keluarga besutan JTBC yang menceritakan tentang ambisiusnya sebuah lingkungan kompleks perumahan terhadap prestasi akademis anak-anak mereka. Yah pengambilan gambar dan topik keluarganya memang mirip. Meskipun tipe ceritanya berbeda ya... intinya sih tetap sama, pesan moral yang kental bahwa keluarga sangat penting perannya terhadap kepribadian anak-anak dan cara mereka menjalani hidup.

Sayangnya drama ini tidak sesukses Sky Castle, ratingnya juga jauh... tapi jujur aja ceritanya nggak kalah keren kok. Episode-nya lebih pendek entah memang direncanakan begitu atau karena kepengaruh rating yang so so juga. Yang jelas konfliknya tidak sebanyak Sky Castle.

Dari mulai episode satu saya udah kesel sendiri sama drama ini karena beneran deh bikin miris sama bullying dan kekerasan yang terjadi di sekolah. Bagi saya ini termasuk drama 'berat', bikin emosi dan kesel sendiri soalnya. Usahakan untuk nonton drama ini duluan kemudian baru deh nonton drama-drama lucu yang ringan sebagai penetralisir agar tidak terlalu kzl :))

Sinematografinya bagus, sama banget kayak Sky Castle lah ya... Untuk sinematografi sekece ini, kelihatan banget seperti drama-drama berbudget tinggi gitu. Makanya sayang banget atensi yang didapat nggak terlalu bagus. Kebanyakan ngerasa kalau ekspos kesedihan dari emaknya yang terlalu meratapi si anak yang terbaring koma terlalu banyak porsinya di seluruh episode drama sehingga jadinya agak bosan. Padahal ya make sense juga karena inti dramanya lebih ke pergolakan emosi keluarga dan bagaimana perjuangan mereka untuk menemukan fakta dibalik jatuhnya Seon Ho, prosesnya yang jatuh bangun karena dihalangi orang tua-orang tua murid lain yang picik dan tidak mau membantu. Justru malah menghambat sebisa mungkin usaha mereka. Ah kesel deh pokoknya.

Hint dari penulis drama cukup terlihat dibagian tengah, bagaimana keluarga Moo Jin yang anaknya koma dan mendapatkan banyak perlakuan tidak menyenangkan saling menguatkan dan tetap ada satu sama lain dalam kesulitan itu. Keluarga lain yang hanya ingin cari selamat sendiri dan tidak punya empati maupun keluarga yang kelihatan paling punya segalanya tapi busuk di dalam, banyak hal yang disembunyikan dan kejahatan-kejahatan.

Plot twist cukup bertebaran untuk membuat kita mau stay di drama ini kok jadi jangan kuatir, penulis dramanya oke :D Makanya nonton yuk!

No comments:

Post a Comment