Wednesday, September 26, 2018

4 PENYEBAB GENERATOR TIDAK MENGELUARKAN ARUS LISTRIK

source: pixabay
Menurut http://sewatama.com/id/mengenal-ragam-manfaat-load-bank-untuk-operasional-industri/ generator merupakan sumber pembangkit listrik cadangan yang sangat populer di masa kini. Namun meskipun begitu, ada beberapa hal yang menyebabkan generator tidak dapat mengeluarkan arus listrik, yuk simak artikel berikut.

1. Kabel Output Terputus
Hal pertama yang menyebabkan generator tidak dapat berfungsi sebagai penghasil arus listrik adalah adanya kabel output yang terputus. Pada umumnya, arus listrik dari generator akan dialirkan ke dalam lubang stop kontak generator. Kendala yang sering terjadi adalah ketika kabel penghubung antar generator terputus yang menyebabkan arus listrik tidak dapat keluar.

Solusi generator listrik yang dapat kamu lakukan untuk masalah tersebut yaitu menelusuri jalur kabel yang keluar dari generator. Apabila ada kabel yang terputus, maka kamu hanya perlu menyambungnya kembali serta melakukan pengecekan ulang dengan menggunakan multitester.

2. Kapasitor Terbakar
Pada umumnya, generator mempunyai arus listrik kurang dari 2500 watt. Untuk itu, pastikan bahwa kamu mempunyai sebuah kapasitor yang berfungsi sebagai pengatur arus listrik yang keluar dari generator. Apabila tegangan listrik yang digunakan melebihi kapasitas generator, maka secara otomatis kapasitor akan meleleh ataupun terbakar.

3. AVR Mati
Penyebab ketiga generator tidak dapat mengeluarkan arus listrik adalah AVR yang mati. Ya, AVR merupakan kepanjangan dari automatisvoltage regulator yang memiliki fungsi sama seperti kapasitor, yaitu sebagai pengatur keluarnya arus listrik pada generator.

Pada umumnya, AVR hanya dimiliki oleh generator yang memiliki kapasitas di atas 2500 watt. Hal yang dapat kamu lakukanuntuk mengetahui apakah AVR pada generator dapat berfungsi atau tidak, kamu harus mengeceknya dengan menggunakan alat multitester.

4. Generator Terbakar
Faktor terakhir yang menyebabkan generator tidak dapat mengeluarkan arus listrik adalah generator yang terbakar. Biasanya, generator merupakan bagian yang berupa gulungan tembaga. Jadi, bagian utama yang menyebabkan generator terbakar adalah adanya kotoran yang menempel pada bagian rotor dan stator, yang menyebabkan arus pendek listrik.

Itulah beberapa faktor penyebab generator tidak dapat mengeluarkan arus listrik. Dengan penjelasan di atas tentunya kamu akan dapat menemukan solusi generator listrik yang tepat pada masalah genset kamu. Jika kamu perlu supply energi listrik di perusahaanmu, sewatama.com adalah tempat kamu cari solusinya.

No comments:

Post a Comment