Tuesday, August 28, 2018

TINGKATKAN PENJARINGAN IKAN LAUT DENGAN MENGAWASI SIKLUS BULAN

Para nelayan biasa pergi berlayar di malam hari untuk mengikuti siklus perputaran bulan. Tidak seperti ikan tambak yang dapat dipanen setiap waktu, ikan laut memiliki waktu tertentu untuk dapat dijaring. Selain memperhatikan siklus bulan beberapa jenis ikan juga memerlukan perhatian untuk waktu imigrasi melewati beberapa laut dalam. Ikan-ikan seperti tuna memiliki siklus imigrasi atau perjalanan jauh utuk melintasi satu tempat ke tempat lainnya yang terkadang masih luput dari pengawasan, sehingga nelayan yang menjaring di luar waktu imigrasi ini akan kesulitan menemukan ikan tuna dalam penjaringannya.

Bulan purnama adalah saat yang tepat untuk mencari ikan, karena momen itu adalah saat dimana laut menjadi pasang begitu pula dengan ikan-ikan yang naik ke permukaan untuk mencari makanan. Untuk cumi-cumi, perlu keterampilan khusus dalam melakukan penangkapan, yaitu dengan menggunakan banyak lampu pada kapal agar menarik perhatian dari cumi-cumi agar mau naik ke permukaan. Menggunakan sepotong tongkat besi saja sudah dapat menjaring cumi-cumi yang akan menggeliat mengitari ujung tongkat.

Industri perikanan memang harus terus mengawasi iklim dan siklus bulan seperti ini. Jika air laut pasang terlalu tinggi, nelayan tidak bisa melaut karena guncangan yang terlalu tinggi justru bisa membalikkan kapal nelayan itu sendiri. Musim hujan memang terkadang menjadi tantangan tersendiri untuk nelayan dalam melaut. Angin yang terlalu kencang juga bisa menghempas kapal hingga keluar dari area yang menjadi target sasaran pengangkapan ikan. Industri perikanan sedang menjadi sorotan sejak mentri kelautan Ibu Susi mencangankan konsumsi ikan laut sebagai makanan harian. Selain tinggi gizi, ikan laut cenderung tidak memiliki lemak jahat sebanyak unggas dan daging. Omega 3 yang terdapat dalam daging ikan dapat meningkatkan siklus regenerasi sel-sel otak sehingga kemampuan berpikir menjadi lebih baik jika dibandingkan dengan konsumsi daging biasa.

Tingginya minat akan industri perikanan harus dibarengi dengan listrik yang terpenuhi untuk bagian pengemasan ikan yang akan dikirim hingga keluar negeri. Sewatama Indonesia dapat menyediakan daya listrik dengan melakukan rental di Sewatama.

No comments:

Post a Comment