Friday, March 16, 2018

4 CARA AGAR ANAK BELAJAR BERJALAN

pic source: pixabay
Seorang anak akan mulai bisa berdiri dan melangkahkan kakinya ketika menginjak usia 9 sampai 12 bulan. Dan akan dapat berjalan dengan lancar ketika usianya sudah menginjak 14 sampai 15 bulan. Namun terkadang orang tua dibuat khawatir karena diusia tersebut anaknya belum juga bisa berjalan. Namun orang tua seharusnya tidak perlu merasa khawatir secara berlebihan ketika tidak adanya kelainan fisik pada anak itu. Karena ada juga sebagian anak yang baru mulai bisa berjalan itu di usia 16 sampai 17 bulan. Keterlambatan anak didalam kemampuannya berjalan menurur popmama bisa terjadi karena tidak adanya keberanian didalam diri seorang anak untuk bisa berjalan.

Orang tua bisa menggunakan cara membuat anak agar bisa berjalan dengan mengikuti cara di bawah ini. Berikut 4 cara agar anak bisa berjalan dengan cepat sehingga orang tua tidak akan khawatir nantinya diantaranya yaitu: 

Melatih Anak Untuk Berdiri Tegak
Bantu anak untuk terbiasa berdiri dengan tegak pada usia 9 sampai 10 bulan. Lalu lepaskan pegangan tangan anda selama setengah menit dan jika anak duduk terjatuh maka berikan motivasi untuk dirinya agar bangkit dengan sendirinya. Jika anak selalu diberi motivasi seperti ini maka anak akan terbiasa untuk berdiri dengan sendirinya.

Melatihnya Melangkah Sambil Dipegang Tangannya
Orang tua sebaiknya melatih anak untuk melangkahkan kakinya sambil kedua tangannya itu dipegangi oleh ayah dan ibunya. Lalu amatilah jika sudah memungkinkan maka lepaskanlah salah satu tangan antara ayah atau ibu. Sehingga anak hanya akan memegang satu tangan sebagai pegangannya untuk berjalan.

Menempatkan Anak Didalam Box Tidurnya
Anda juga bisa menggunakan cara dengan menempatkan anak didalam box tidurnya dan arahkan anak untuk memberanikan dirinya untuk berdiri sendiri dengan berpegangan pada dinding box nya. Lalu arahkan anak untuk berjalan menelusuri box tidurnya itu dan anda harus tetap menemaninya untuk memastikan keamanannya.

Stimulasi Anak Dengan Mainan

Adanya sebuah mainan juga dapat memotivasi anak untuk berdiri dan berani melangkahkan kakinya. Agar anak termotivasi untuk melangkahkan kakinya maka cobalah dengan meletakkan mainan favoritnya didalam posisi tertentu. Atau juga berilah anak sebuah mainan yang mengharuskan dirinya melakukan aktivitas mendorong mainannya itu.

Itulah 4 cara agar anak bisa berjalan dengan cepat sehingga orang tua tidak akan khawatir nantinya. Orang tua selain harus membantu anak untuk terbiasa berdiri dengan tegak pada usia 9 sampai 10 bulan. Tetapi sebaiknya melatih anak untuk melangkahkan kakinya sambil kedua tangannya itu dipegangi oleh ayah dan ibunya. Dan juga bisa dengan menempatkan anak didalam box tidurnya serta dengan mengadakan sebuah mainan juga dapat memotivasi anak untuk berdiri dan berani melangkahkan kakinya.

No comments:

Post a Comment