Thursday, February 1, 2018

PUNYA WAKTU DUA HARI UNTUK LIBURAN DI SEMARANG? INI CONTOH RENCANA KUNJUNGAN JALAN-JALANNYA

Kota Semarang menawarkan banyak hal untuk wisatawan, mulai dari wisata sejarah, religi, hingga kuliner. Tidak masalah jika hanya punya waktu singkat, karena dua hari sudah cukup untuk menikmati pesona Semarang. Cukup dengan membeli tiket pesawat murah ke Semarang, kamu sudah bisa menikmati pengalaman berkesan di ibu kota Jawa Tengah.
source: panduanwisata
Berikut ini contoh rencana wisata untuk dicoba saat liburan di Semarang.

Hari 1
Ketika tiba di Bandara Ahmad Yani, kamu bisa menuju ke Simpang Lima. Area tersebut memiliki cukup banyak hotel, mulai dari bintang 4 hingga penginapan murah. Dari sana, kamubisa mulai dengan mengunjungi tempat wisata terdekat, misalnya:

Masjid Raya Baiturrahman

Masjid terbesar di Semarang ini memiliki desain indah, dengan bagian dalam yang sejuk. Area sekitarnya juga dipenuhi tempat makan murah. Jika kamu Muslim dan ingin beribadah dulu sebelum berwisata, masjid ini bisa menjadi pilihan pertama.

Pasar Semawis
Pasar Semawis merupakan pasar murah yang berada di area Pecinan, sekitar 1,5 kilometer dari Simpang Lima. Pasar ini tidak hanya menjual barang-barang murah, tetapi juga berbagai makanan enak dengan harga terjangkau.

Area Kota Lama

Kota Lama adalah area bersejarah di Jalan Jenderal Letnan Suprapto yang memiliki banyak bangunan kuno. Kamu bisa menikmati keindahan bangunan era kolonial sambil berswafoto alias selfie sukaesih, mengunjungi 3D Trick Art Museum, atau makan dan minum di kedai kopi.

Kelenteng Sam Po Kong

Kelenteng Sam Po Kong merupakan tempat ibadah yang didirikan sebagai penghormatan terhadap Laksamana Cheng Ho. Kelenteng ini memiliki arsitektur khas Cina yang sangat mendetail dan didominasi warna merah.

Karena masih berfungsi sebagai tempat ibadah, tidak semua area boleh dimasuki. Akan tetapi, kamu tetap bisa kok menikmati keindahan bangunan dari luar, atau menyewa pakaian ala Cina seharga Rp100.000,00 untuk berfoto.

Kamu bisa kembali ke Simpang Lima menjelang senja, karena alun-alun ini baru ramai pada malam hari. Ada berbagai pusat kuliner murah serta penyewaan sepeda dan becak hias yang sangat sayang dilewatkan.

Hari 2
Kamu bisa berbelanja dan makan sepuasnya pada hari kedua. Paragon Mall, pusat perbelanjaan terbesar di Semarang, berada tidak jauh dari Simpang Lima. Tempat ini cocok untuk mencari oleh-oleh atau membawa keluarga. Pusat perbelanjaan ini memiliki bioskop, tempat bermain anak, dan berbagai gerai lokal serta impor.
Source : initempatwisata
Simpang Lima juga area tepat untuk mencoba berbagai makanan khas Semarang. Ada beberapa tempat makan murah yang cukup direkomendasikan di area ini, yaitu Nasi Pecel Mbok Sador, Nasi Goreng Babat Pak Taman, Tahu Petis Prasojo, dan Soto Ayam John Wen. Ada juga Restaurant Semarang yang menyajikan berbagai hidangan tempo dulu. Istana Oleh-Oleh Brilliant menawarkan berbagai jajanan untuk buah tangan.

Menjelang sore, cobalah sensasi berjalan-jalan di Lawang Sewu. Bangunan era Belanda yang pernah menjadi markas tentara Jepang ini terkenal dengan kisah-kisah pembantaian di masa lalu. Kamu bisa masuk ditemani pemandu yang akan mengisahkan sejarah Lawang Sewu, lengkap dengan cerita-cerita horor di area tersebut. Ada juga tempat penyewaan senter dan sepatu bot untuk menjelajahi ruang bawah tanah.

Kamu bisa menggunakan bus Trans Semarang untuk menjelajahi tempat-tempat wisata populer di dalam kota. Tarifnya hanya sekitar Rp3.500 untuk setiap perjalanan. Angkutan kota Semarang juga tidak mahal, hanya sekitar Rp4.000 hingga Rp7.500, tergantung rute.

Waktu dua hari mungkin tidak cukup untuk melihat pesona Kota Semarang. Namun untuk berkunjung ke highlight Semarang dan menikmati makanan serta jajanan khasnya sudah cukup kok. Tunggu apa lagi, tandai tanggal liburan atau cuti terdekatmu, rencanakan perjalanan dan pesan segera keperluan tiket perjalanan kamu di tiket pesawat Citilink Airy. Manfaatkan waktu liburan singkat di salah satu tujuan wisata terpopuler di Jawa Tengah ini.

3 comments:

  1. Mesjid terbesar di semarang kayanya Mesjid Agung Jawa Tengah, Mba. tempatnya agak jauh simpang 5 hehe.

    ReplyDelete
  2. Gabakal pernah ke semarang keknya :'(

    ReplyDelete
  3. Kota kelahiran my mom ;) mirip-mirip Sby, hanya beda nya Semarang punya daerah atas, yang sejuk dengan pohon2 besar yang rindang

    ReplyDelete