Monday, February 5, 2018

KETAHUI 3 PENYEBAB SEPELE MENGAPA GENSET SUSAH DISTARTER

Salah satu masalah yang sering dijumpai pada genset adalah susah distarter. Padahal untuk pekerjaan yang load kerjanya tinggi, genset sangat dibutuhkan ketika listrik dari PLN padam.

Sebenarnya terdapat beberapa penyebab yang membuat genset tidak mau distarter. Penyebab ini juga terbilang sepele. Namun jika dibiarkan, bukan hanya tidak mau distarter, genset juga akan rusak. Alih alih ingin menggunakan genset sendiri, justru harus menyewa ke tempat sewa genset Papua yang paling dekat dengan proyek.

Nah, apa saja penyebabnya? Simak aja yuk ulasan berikut!

Genset jarang dipanaskan
Ketika genset sudah terlalu lama tidak digunakan, oli pelumas yang biasa melumasi mesin akan turun kembali ke tangki oli dikarenakan gaya gravitasi. Nah, karena onderdil mesin tidak terlindungi pelumas dengan baik, maka komponen-komponen mesin bisa saja berkarat lalu tersangkut satu dengan yang lain. Maka cara mengatasinya adalah dengan memanaskan genset paling tidak tiga hari sekali supaya sirkulasi oli tetap berjalan dengan baik.

Mesin macet/jammed

Mesin genset yang sedang beroperasi dapat juga mati mendadak atau sulit dihidupkan kembali. Biasanya kondisi ini disebut dengan jammed. Mesin macet ini disebabkan oleh kepanasan atau overheating. Overheating ini terjadi ketika genset beroperasi, pembakaran di ruang pembakaran dan gesekan antar material mesin dapat menghasilkan panas yang tinggi. Jika pelumasan mesin terganggu, panas akan menjadi berlebihan dan mengakibatkan pemuaian komponen. Untuk itu, selalu pastikan pendinginan dan pelumasan genset dalam keadaan optimal.

Aki genset tekor
Jika genset tidak mau menyala, coba cek kondisi akinya. Jika aki genset tekor, sudah pasti ia tidak mau menyala. Agar aki tidak tekor, cek selalu permukaan air elektrolit aki. Jika mendekati level low, tambahlah air elektrolitnya. Jaga pula kebersihan terminal aki, jika ada kerak, bersihkan dengan air panas. Kalau ditemukan baut penghubung antara terminal dan skun kabel kendor, maka segera kencangkan. Baut yang kendor adalah salah satu pemicu timbulnya kerak. Jika aki sudah tidak layak pakai, segera ganti dengan yang baru agar tidak merusak komponen lain. Umumnya, usia aki mencapai satu hingga tiga tahun tergantung perawatan.

No comments:

Post a Comment