Thursday, December 28, 2017

MENGENAL 2 DARI PERKAKAS UNTUK MEMBUAT SYSTEM FURNITURE

pic source: pixabay
System furniture merupakan sebuah jaringan dalam furniture yang menjadikan furniture terlihat lebih rapi dan simple. System furniture biasanya digunakan pada kantor meskipun tidak menutup kemungkinan bisa juga untuk diterapkan dirumah kita. 

Untuk membuat system furniture yang terintegrasi, tentu diperlukan perkakas khusus agar didapat hasil yang sempurna. Perkakas seperti table saw, spray gun dan air compressor dapat menjadikan system furniture lebih mudah dibuat dan ringkas dalam pengerjaannya. Lalu, apa saja perkakas lainnya yang biasa digunakan dalam proses pembuatan system furniture? Berikut ini adalah 3 dari perkakas yang digunakan untuk membuat system furniture.


Block Plane
Block Plane, atau dalam bahasa Jawa dikenal juga sebagai Pasah, adalah alat yang digunakan untuk membentuk sebuah balok kayu. Membentuk di sini bisa berarti banyak hal, seperti mengurangi ketebalan, menghaluskan permukaan yang kasar, atau bahkan untuk memberikan aspek dekorasi. 

Penggunaannya dilakukan secara manual tanpa menggunakan listrik. Block plane sangat berguna apabila furniture yang kita inginkan memerlukan ukiran atau motif yang berbeda sehingga dapat dilakukan detailing secara manual.

Trimmer machine atau router machine
Kedua mesin ini wajib dimiliki untuk pengerjaan kayu atau furniture. Fungsi dari kedua alat tersebut adalah untuk merapikan sambungan kayu dan membuat profil, lengkungan pada sisi kayu, membuat purus dan lubangnya dan membuat celah sambungan seperti rabbet dan dado. Mesin Trimmer memiliki ukuran lebih kecil dibandingkan dengan Mesin Router. Dalam memilih kedua mesin tersebut tergantung selera kita sih, kita dapat membelinya sesuai kebutuhan saat membuat system furniture

Untuk perawatannya, kita dapat mencabut trimmer machine atau router machine apabila telah selesai digunakan. Selain itu, pastikan juga untuk membersihkan alat ini dengan menggunakan kuas agar tidak merusak komponen mesin didalamnya.


Jadi itu tadi beberapa alat yang biasa digunakan dalam proses pembuatan system furniture. Pemilihan alat tentu bergantung sesuai dengan kebutuhan dan hasil yang diinginkan. Apabila ingin hasil yang rapi dan cepat jadi maka ada baiknya menggunakan mesin agar hasilnya lebih bagus.

No comments:

Post a Comment