Sunday, November 5, 2017

CARA MENGATASI BIANG KERINGAT PADA BAYI BARU LAHIR


Jika mendadak bayi anda terkena biang keringat atau ruam yang letaknya di leher dan itu membuatnya rewel seharian tentu akan membuat anda sangat khawatir terhadap apa yang terjadi pada si bayi.

Bayi yang tidak bisa berkomunikasi dan menyampaikan maksudnya dengan baik akan menangis sebagai ekspresi rasa tidak nyaman yang tengah ia alami. Jangankan bayi ya, kita aja bisa berasa gatel dan panas karena biang keringat, tentunya itu juga sangat tidak menyenangkan lho. Pada titik-titik tertentu seperti lipatan kulit, biang keringat akan terasa lebih tidak nyaman lagi seperti misalnya pada leher. Kasus tentunya akan semakin parah jika bayi relatif masih baru lahir dan baru berusia sekian bulan.

Cara mengatasi biang keringat pada bayi baru lahir memang lebih sulit dan membutuhkan tingkat ketelitan dan kesabaran yang sangat tinggi, namun bukan menjadi artian bahwa kita akan membiarkannya dulu biang keringat yang dialaminya dengan sedemikian rupa hingga orang tuanya bahkan tidak tahu anaknya sedang tidak nyaman karena benang keringat.

Jadi bagaimana penanganan yang bisa dilakukan di rumah saja?
Simak berikut ini:

#1
Gunakan sabun bayi tanpa aroma ketika waktu mandi. Untuk brandnya terserah anda, bisa tergantung dengan produk yang biasanya anda pakai atau produk lain yang juga sama bagusnya. Cara penggunaannya sangat mudah, cukup ambil lap basah dan ambil sedikit bagian dari sabun bayi pada lap basah yang lembut untuk kita pakai menyeka bagian-bagian tubuh bayi utamanya yang memiliki di lipatan-lipatan kulit serta juga lipatan leher. Sabun bayi yang tanpa memiliki tambahan aroma biasanya lebih lembut dan memang diformulasikan untuk kulit bayi yang sensitif. Setelah membersihkan leher bayi, bilaslah dengan air matang, air mineral dan apapun saja.

#2 
Pakai moisturizer yang tanpa parfum ketika bayi selesai mandi.
Moisturizer dapat membantu bayi untuk masa penyembuhan dari biang keringat. Untuk bagaimana cara pemakaian yang lebih spesifik bisa langsung ditanya Google ya hihi. Namun jika secara umum, oleskan dengan lembut dan merata pada semua bagian-bagian tubuh bayi utamanya pada bagian tubuh yang terkena biang keringat untuk membuat bayi segera merasa nyaman karena rasa panas pada biang keringatnya berkurang.

#3 
Oleskan kulit pelindung salep ke leher bayi anda dan kulit luar yang terlihat akan muncul biang keringatnya.
Hal yang ketiga ini mungkin sudah sering anda lakukan sendiri sebagai perawatan biang keringat pada tubuh, namun ingat bayi memiliki kulit yang sensitif sehingga pilihlah produk yang ramah untuk kulit bayi.

#4
Jika step satu hingga 3 yang telah saya jelaskan diatas sudah anda lakukan namun masih tidak ada perubahan maka segera hubungi dokter karena inilah batas kemampuan home treatment yang sudah kita lakukan sesuai anjuran. Dalam tahap ini segera kunjungi dokter terdekat dan lakukan konsultasi yang akan mengurangi atau membantu menyembuhkan biang keringat pada bayi kecil. Karena mungkin ada hal-hal yang seharusnya anda tahu untuk treatment terbaik pada kulit bayi yang masih halus dan supersensitif itu.;


1 comment:

  1. Kalau zafran biasanya tak kasih parfum anak, tapi lupa apa ya namanya

    ReplyDelete