Friday, July 14, 2017

YUK KENALI PENYEBAB BUNYI YANG MENGGANGGU PADA WIPER MOBIL!


Keberadaan wiper mobil kerap disepelekan oleh para pemilik mobil. Biasanya tak ada proses perawatan khusus untuk wiper mobil. Saat mencuci mobil, wiper hanya dibersihkan sekadarnya. Hal ini ternyata berpotensi mempercepat kerusakan wiper mobil.

Salah satu tanda kerusakan wiper mobil yang paling mengganggu adalah timbulnya bunyi ketika wiper mobil digunakan. Tak sedikit orang yang kebingungan mengatasi bunyi pada wiper. Tetapi bila kita sudah mengenali beberapa penyebab bunyi wiper mobil ini, kita pasti semakin mahir mengatasinya :

Karet Wiper Sudah Rusak
Usia pakai normal wiper mobil adalah 1 tahun. Tetapi usia tersebut bisa semakin singkat bila kita tidak merawat wiper mobil dengan baik. Sering meletakkan mobil di tempat yang terkena sinar langsung juga dapat mempercepat kerusakan wiper. Karet wiper mudah getas dan kehilangan elastisitasnya. Sehingga menimbulkan bunyi berderit sewaktu wiper mulai digunakan.

Jamur dan Kotoran yang Menumpuk di Kaca

Jangan menganggap remeh jamur dan kotoran yang menumpuk di kaca mobil. Karena ternyata keberadaan pengganggu tersebut juga bisa membuat wiper mobil rusak. Bunyi yang timbul pada wiper mobil pasti sangat terganggu. Jadi, alangkah lebih baik bila kita membersihkan jamur dan kotoran pada kaca mobil secara cermat. Jangan ragu menggunakan bahan pembersih khusus untuk mengembalikan kualitas kaca mobil. Tak hanya membuat wiper mobil jadi awet, kaca mobil yang bersih juga menambah jarak pandang saat berkendara.

Karet Wiper Sudah Kotor

Selain kaca mobil yang kotor, ternyata karet wiper yang kotor juga memicu timbulnya bunyi. Tumpukan kotoran pada karet bisa menimbulkan kerak yang membatasi gerakan karet. Membersihkan karet wiper mobil harus dilakukan dengan hati-hati. Agar elastisitas karet tidak berkurang dan karet kembali berfungsi maksimal setelah dibersihkan.

Produk Wiper yang Cacat
Tak jarang pula wiper mobil mengalami cacat produksi. Akibatnya, wiper tersebut dapat menimbulkan bunyi bahkan sejak pertama kali dipasang. Biasanya kondisi rangka wiper yang bengkok membuat karet tidak menyentuh permukaan kaca dengan sempurna. Hal inilah yang memicu timbulnya bunyi pada wiper mobil.

Bila sudah mengenali penyebab bunyi pada wiper mobil, lain kali kita pasti tak akan mengalami hal yang sama. Kita akan lebih terampil mengatasi bunyi tersebut agar kenyamanan berkendara tetap terjaga.

No comments:

Post a Comment