Saturday, April 8, 2017

( REVIEW KDRAMA ) ANGRY MOM


Drama year: 2015
Genre: Family, Thriller, Drama
Rating:
AsianWiki 92%
MyDramaList 8.5/10

Sinopsis:
Jo Gang Ja (Kim Hee Sun) adalah seorang ibu biasa yang menjual makanan pada malam hari dan sepulang kerja dia pulang ke rumah untuk mengurus suami (Lim Hyung Joon), anak perempuannya yang masih remaja Oh Ah Ran (Kim You Jung) yang tidak bisa dia mengerti dan kecerewetan mertuanya (Kim Ji Young).

Tidak ada yang tahu bahwa dulunya dia adalah seorang remaja yang dikenal kuat, pemberani dan seorang pejuang yang paling tidak suka pada ketidakadilan yang dikenal dengan nama Jo Bang Wool. Namun pada saat SMA dia harus dipenjara remaja karena tuduhan pembunuhan dan pada usia semuda itu dia melahirkan seorang bayi perempuan. Kelahiran si bayi merubah hidup Gang Ja, membuatnya lebih bertanggung jawab dan memulai hidup baru. Gang Ja menjadi pekerja keras yang meskipun sadar bahwa penghasilannya tidak bisa membeli salah satu unit rumah mewah di Korea bahkan de-marrakesh yang anggun di Bandung, namun dia bisa memberi penghidupan dan kasih sayang yang cukup pada anaknya itu.

Saat ini anak yang dilahirkannya itu sudah usia SMA, Oh Ah Ran dikenal sebagai anak yang cerdas dan menduduki peringkat atas di kelasnya. Gang Ja berusaha untuk lebih dekat dengan putrinya namun Ah Ran, seperti remaja pada umumnya lebih serng menghindari ibunya karena berpikiran bahwa ibunya tidak akan mengerti dunia remaja saat ini.

Semuanya berubah ketika Ah Ran yang menjadi korban bullying di sekolah kemudian diketahui Gang Ja. Sebagai orang tua dia berjuang untuk melakukan demonstrasi, mengajukan protes pada departemen terkait dan menemui guru untuk menyelesaikan masalah ini. Namun sayangnya tidak semudah itu, karena guru yang bersangkutan malah meminta Gang Ja untuk bersabar karena orang tua dari siswa yang dia keluhkan itu adalah orang-orang berpengaruh, sehingga mungkin itu akan melukai Gang Ja sendiri. Gang Ja sangat marah karena kesal pada institusi pendidikan dan cara kerjanya yang tidak adil.


Sementara itu, bukannya mereda, bullying yang diterima Ah Ran semakin hebat hingga gadis itu pulang ke rumah dalam kondisi terluka dan menangis. Yang lebih parah, gadis itu juga bergumam sendiri dan menolak berbicara hingga harus dirawat di rumah sakit karena gangguan mental. 


Gang Ja sangat marah pada apa yang terjadi terhadap anak perempuan satu-satunya itu hingga dia memutuskan untuk menemui Han Gong Joo (Ko Su Hee) yang merupakan salah satu sahabatnya waktu SMA dan sekarang mengelola klub malam. Berbeda dengan umumnya klub malam, uniknya rumah Gong Jo juga menjadi satu dengan klub malam itu dengan dekorasi yang sangat feminin dan serba princess. Rada norak tapi lucu. Gang Ja meminta bantuan Gong Joo untuk masuk ke SMA Ah Ran sebagai salah seorang siswi disana dan menyelidiki sendiri siapa yang membully Ah Ran di sekolah, karena cara biasa sebagai orang tua nampaknya tidak berhasil sama sekali untuk menyelesaikan kasus itu.

Gong Joo setuju dan mengatur semua yang diperlukan Gang Ja untuk masuk ke sekolah Oh Ah Ran sebagai siswa SMA, Gong Joo juga mengubah penampilan Gang Ja sehingga pantas disebut anak SMA dan bersedia menjadi wali Gang Ja di sekolah.


Gang Ja mulai menjadi siswa di sekolah itu dan masuk ke dalam kelas Ah Ran, dengan segera dia justru mendapatkan predikat salah seorang siswa populer yang ditakuti di sekolah karena ulahnya. Dengan cepat Gang Ja mengumpulkan informasi disekitarnya tentang struktur siswa di sekolah dan siapa saja yang berkemungkinan menjadi pelaku pembullyan Ah Ran. Namun ternyata personalanya tidak semudah itu, Gang Ja harus berhadapan dengan permasalahan pelik yang tidak hanya menyangkut orang-orang penting dalam sekolah dan yayasan namun juga institusi pendidikan negara. Permasalahan yang rumit dan membuatnya kaget meskipun masih dalam masa menunggu untuk meledak di depan mata.

Kata Ninda:
Belakangan ini saya merasa terlalu sibuk sampai malas nonton KDrama ongoing, jadi berhubung si adek download KDrama banyak banget makanya saya prefer nonton file dulu. Makanya nonton KDrama yang udah dua tahun lalu ini. Tapi saya nggak nyesel nih nontonnya soalnya bagus deh dramanya, rating nggak bohong. Jadi drama ini diangkat dari yang menang kontes skenario drama di MBC. Keren ya. Makanya nggak heran kalau ceritanya unik dan nggak biasa.

Angry Mom mengulas dunia anak sekolah yang penuh dengan bullying, retorika guru yang tidak adil dalam pemberian nilai karena sogokan dari orang tua, citra bersih dari politikus yang hanya ditunjukkan di media dan yang lebih parah adalah korupsi yang terencana untuk pembocoran dana yang menyeluruh dari atas ke bawah bahkan mengabaikan faktor keselematan banyak orang hanya karena masalah mengejar citra pada saat kampanye. Permasalahan-permasalahan ini di dunia nyata mungkin sudah sering kita lihat dan dengar ya.

Ternyata permasalahan semacam itu tidak hanya terjadi di negara kita saja. KDrama ini seru banget, dari awal sampek akhir saya nggak bosen dengan alur yang disuguhkan, plot yang cakep dan realistis. Percintaan disini hanya pemanis saja sih jadi nggak dominan.

Buat teman-teman yang suka plot unik untuk KDrama, drama ini wajib tonton banget.

2 comments:

  1. Udah pernah ngulas ini jugaa dan gak nyesel nontonnya

    ReplyDelete
  2. sepertinya seru filmnya ... apalagi drama korea ...

    ReplyDelete