Saturday, March 18, 2017

( REVIEW KDRAMA ) OH MY GHOSTESS!


Drama years: 2015
Genre: drama, comedy, romance
Rating:
4.8/5 DramaFever
9.4/10 Viki
8.1/10 IMDb

Sinopsis:
Korea sedang dihebohkan oleh kejadian aneh yang terjadi beruntun, beberapa lelaki pingsan dengan suhu tubuh dingin mirip hipotermia dan dengan gejala-gejala yang tidak dikenali oleh tenaga medis yang bertugas. Kasus seperti itu belum pernah ada dan terdapat satu kesamaan sebelum mereka semua berada dalam kondisi itu, yaitu bersama seorang wanita cantik. Ketika berita itu disiarkan, warga sibuk berspekulasi apa yang terjadi pada lelaki-lelaki itu.

Seorang wanita berbaju putih dengan riasan lengkap memasang wajah kesal di dekat taman, kemudian sesosok bayangan keluar dari tubuhnya dan wanita itu kebingungan karena mendadak sedang berada di taman.


Sesosok hantu wanita (Kim Seul Gi) yang keluar dari tubuhnya berjalan dengan murung karena sesuatu hal yang terjadi. Hantu wanita itu dikenal dengan nama hantu perawan di kalangan para hantu, dia tidak mengingat apa yang terjadi semasa dia hidup dan bagaimana kematiannya. Maka dia tidak memiliki nama.

Sang hantu perawan masih berada di bumi dan masih menjadi hantu penasaran yang tidak bisa naik ke langit, dia menduga ini karena dia masih perawan sehingga ada rasa penasaran yang menahannya untuk tinggal. Karena itu dia masuk ke tubuh wanita-wanita cantik, menggoda para pria untuk bermesraan dengan mereka. Sayangnya setiap kali hantu perawan berhasil menggaet dan menggoda para pria itu ketika mereka bersentuhan maka si lelaki akan langsung pingsan dengan tubuh sedingin es karena mereka tidak memiliki kualitas stamina yang diperlukan untuk bersentuhan dengan energi hantu perawan tersebut.



Di lain pihak Na Bong Sun (Park Bo Young) adalah salah satu dari 5 asisten chef di SUN restaurant milik seorang chef terkenal Kang Sun Woo (Cho Jung Seok). Chef mengelola tempat itu bersama adik perempuannya Kang Eun Hee (Shin Hye Sun) yang harus memakai kursi roda setelah mengalami tabrak lari dan menghancurkan impiannya menjadi seorang balerina. Eun Hee sudah menikah dengan seorang polisi baik hati bernama Choi Seung Jae (Lim Ju Hwan) yang dikenal sebagai polisi paling baik hati di lingkungan tersebut. Dengan sabar Seung Jae merawat Eun Hee yang tidak bisa berjalan dan Eun Hee sangat mengagumi kebaikan hati suaminya.


Na Bong Sun seorang wanita yang pendiam dan tidak percaya diri, dia tidak memiliki teman diluar teman kerjanya di restoran yang semuanya pria. Dia juga sering mengantuk dan tertidur dalam menjalankan tugasnya di restoran sehingga kerap terjadi kekacauan. Dibalik semua itu, Bong Sun bisa melihat hantu sejak masih kecil karena bakat keturunan dari neneknya yang seorang dukun. Sejak kecil Bong Sun hanya tinggal dengan neneknya karena dia yatim piatu. Namun Bong Sun selalu takut dan menolak untuk berbicara dengan hantu-hantu.

Bong Sun senang bekerja di restoran SUN meskipun tugasnya sebagai asisten chef lebih sering sebagai tukang cuci piring dan waitress untuk para tamu karena sudah lama dia mengagumi Chef Sun Woo. Diam-diam Bong Sun memiliki kliping karir Sun Woo dan giat belajar memasak saat malam hari sepulang dari restoran sambil mengupdate blognya. Tanpa sepengetahuan Bong Sun, Sun Woo menyukai blog itu dan kerap kali meninggalkan komentar positif meskipun tidak tahu bahwa pemilik blog adalah salah seorang karyawannya di restoran.


Karena berada dalam suatu kondisi, hantu perawan melarikan diri dari paranormal yang mengejarnya dan masuk ke tubuh Na Bong Sun. Ketika paranormal yang mengejarnya pergi, hantu perawan ingin keluar dari tubuh Bong Sun namun tidak bisa meskipun sudah beberapa kali berusaha. Hantu perawan ingat pada perkataan paranormal bahwa dia tidak boleh sembarang merasuki tubuh manusia, karena jika frekuensinya cocok maka dia tidak akan bisa keluar dari tubuh itu. Maka terjebaklah sang hantu perawan di tubuh Na Bong Sun dan harus menjalani hidup menjadi Bong Sun dengan bekerja di restoran. Setidaknya karena restoran itu penuh dengan lelaki, maka hantu perawan mulai menyukai kehidupan barunya di tubuh Bong Sun.


Kepribadian Bong Sun yang semula pendiam, pemurung, rendah diri dan sering meminta maaf menjadi ceria dan ekspresif mengagetkan semua orang yang mengenalnya. Bong Sun tidak lagi sungkan untuk marah dan menunjukkan emosinya, bahkan dia juga sangat genit. Seisi restoran heran dengan perubahan itu, namun Bong Sun tetap baik hati dan mereka juga tetap menyukainya meski belum terbiasa dengan kepribadian baru gadis itu.

Tanpa terduga berada di tubuh Bong Sun mengembalikan ingatan semasa hidup si hantu perawan, bahwa namanya adalah Shin Soon Ae anak seorang pemilik warung makan tradisional yang dulunya sangat ramai dengan pengunjung membludak. Ayahnya sudah tua dan adiknya masih tidak bisa diandalkan untuk membantu sang ayah. Sementara sang ayah kehilangan semangat hidupnya dalam mengelola warung makan sejak anak perempuannya meninggal. Warung makan itu menjadi sepi dengan masakan yang tidak seenak dulu ketika Soon Ae masih hidup.


Soon Ae juga menyadari bahwa selama hidup dia jatuh cinta pada seorang polisi baik hati Choi Seung Jae yang sering makan dan memesan makanan dari warung tersebut. Dalam tubuh Bong Sun, Soon Ae ingin mendekati Seung Jae kembali namun sayang ternyata Seung Jae sudah menikah dengan Eun Hee. Soon Ae mengalihkan perhatian pada Chef Sun Woo karena pada sebuah kontak fisik yang tidak disengaja ternyata Sun Woo baik-baik saja setelah itu, tidak jatuh pingsan seperti yang lain.


Soon Ae menggoda Sun Woo dengan fisik Bong Sun, dengan kepribadian Soon Ae yang sangat percaya diri bukan hal yang sulit untuk mendekat pada Sun Woo. Ketika entah bagaimana Soon Ae bisa keluar tanpa sadar dari tubuh Bong Sun, Bong Sun kebingungan dengan apa yang terjadi karena dia tidak ingat apapun sementara semua orang memberitahunya bahwa dia melakukan ini dan itu. Bong Sun ketakutan dan menghindari Soon Ae ketika Soon Ae datang untuk minta bantuan menggunakan tubuh Bong Sun kembali untuk membalaskan dendam keperawanannya dengan mendekati Sun Woo. Bong Sun menolak segala permintaan dari Soon Ae.


Soon Ae kemudian tahu bahwa Bong Sun sudah lama menyukai Sun Woo dari jauh dan menawarkan kesepakatan pada Bong Sun untuk membuat Sun Woo menjadi milik Bong Sun. Namun Bong Sun harus bersedia tubuhnya dipinjam agar Soon Ae segera bisa berhenti menjadi hantu perawan dan naik ke langit. Bong Sun tidak akan bisa mendekati Sun Woo dengan kepribadiannya yang tertutup dan pendiam, dalam masa itu bisa saja Sun Woo yang sudah lama menyukai teman kuliahnya Lee So Hyeong (Park Jun Ah) akan berpacaran dengan wanita itu dan Bong Sun akan kehilangan kesempatan emas untuk memiliki Chef Kang.


Setelah berpikir sejenak, Bong Sun memutuskan untuk menyetujui kesepakatan itu dan merekapun berteman serta saling mengenal sejak itu. Ketika akhirnya Bong Sun dan Chef Kang semakin dekat karena bantuan Soon Ae, pada saat itu Soon Ae mulai jatuh cinta pada Chef Kang dan cemburu pada Bong Sun ketika dia sedang tidak berada pada tubuh Bong Sun. Sementara Bong Sun yang sudah sangat dekat dengan Chef Kang mulai ragu dengan apa yang terjadi. Bong Sun tidak meragukan perasaannya, namun sepertinya Chef Kang tertarik pada Bong Sun bukan karena Bong Sun sendiri tapi karena semua yang Soon Ae miliki namun tidak ada dalam diri Bong Sun.


Bagaimana mereka mengatasi konflik perasaan masing-masing?
Sementara disisi lain misteri kematian Shin Soon Ae yang diyakini bunuh diri mulai terungkap, dan melibatkan orang yang tidak disangka-sangka. Bagaimana kematian Soon Ae yang sesungguhnya? Bagaimana dia dibunuh dan mengapa?
Mari nonton drama ini, meskipun bukan drama baru tapi ceritanya bagus ;D

Kata Ninda:
Nonton ini karena ada di file si adek. Hahaha dia memang ngaruh banget ke daftar KDrama yang saya tonton karena dia yang rajin ngumpulin file-file KDrama. Saya mah nontonnya cuma yang famous by streaming, itu juga kalau lagi nggak males haha.

Cuco banget emang nonton drama Korea dari file yang udah lengkap, terutama pas si suami lagi repot nyusun itinerary business trip ke Bali dari pesawat sampek hotel bali Indonesia Travel dan saya nggak bisa ikutan. Ya sudah mending nonton drama ajah di rumah :p

Saya sih suka banget KDrama ini meskipun bukan drama baru ya... soalnya ceritanya unik. Dimulai dari plot cerita yang unik tentang hantu yang masuk ke tubuh manusia dan konflik yang dialami. Drama dan romance antar karakter utama, serta komedi yang bikin nggak bisa berhenti nyengir seputar kehidupan restoran terutama antar para asisten chef.

Paling kepo dan bikin penasaran adalah tentang kematian Soon Ae, alur berubah jadi misteri dan thriller dong pas udah nyangkut kesini. Beneran nggak sabar untuk nonton episode-episode selanjutnya sampek semuanya terbongkar. Emang sih kudunya drama ini juga bergenre thriller dan mistery. Cuma kalau udah dikasih tau duluan jadi nggak seseru nonton sendiri dong ya kan :D Tapi saya suka deh plot twist-nya meskipun ada yang udah mayan bikin saya mulai nebak di episode-episode awal menuju ke tengah sih cuma belum jelas dan terang benderang aja kayak mau ke episode-episode akhir.

Terus ada beberapa hal yang saya bingung sih, kan pas pertama masuk Soon Ae nggak bisa keluar dari tubuh Bong Sun ya... habis itu kok gampang banget keluar masuk? Sama ada satu hal lain lagi tentang Choi Seung Jae dan Kang Eun Hee yang bikin saya rada bingung, tapi kalau saya tulis nanti jadi nggak sengaja spoiler dong.

Nonton KDrama ini emang susah berhenti sebelum tamat ;) recommended buat yang suka KDrama tapi nggak suka cerita romance yang biasa-biasa aja. Ini ceritanya unik, nggak biasa dan seru! Meskipun yaaa diluar plotnya yang unik, saya nggak gitu demen sama romance-nya hahaha. Bukan karena apa sih cuma seringnya romance ala drama korea tuh saya nggak gitu demen. Seumur-umur yang suka style romance antar dua pemeran utama mungkin baru City Hunter aja, selain itu apa ya? Sampek lupa deh.

Yah nanti ditulis lagi kalau udah inget :D

Sudah nonton KDrama ini juga? Gimana menurut kamu?

*) all pic taken random by Google

1 comment:

  1. Aaaaak, salah satu drakor fav.. hantunya gak sereeeeem malah unyu hahaha... kisah cecintaanya dapet banget walau g yang intens... hahaha

    ReplyDelete