Wednesday, January 18, 2017

( REVIEW FILM ) ARRIVAL


Movie year: 2017
Rating:
IMDb: 8.3/10
Rotten Tomatoes: 94%
Metacritic: 81%Genre: Mistery, science fiction

Sinopsis:
Adegan dibuka dengan seorang wanita yang baru saja melahirkan seorang bayi mungil. Bayi itu berpindah tangan namun dia mulai menangis. Sang ibu kemudian berkata bahwa tidak apa-apa, dia akan menggendong bayi itu. Sang ibu menenangkannya sehingga bayi itu berhenti menangis. Waktu kemudian cepat berjalan, bayi itu dengan cepat tumbuh menjadi anak-anak yang ceria kemudian remaja dan dia menderita kanker di usia belia. Anak itu meninggal di usia yang sangat muda, membuat sang ibu bersedih. Namun itu juga bagian dari hidupnya.


Seorang professor ahli linguistik, Louise Banks (Amy Adams) yang adalah ibu yang diceritakan di adegan pembukaan, memulai kuliahnya ketika sebuah berita besar menjadi omongan. Ada beberapa benda yang tidak dikenal dan diduga berasal dari luar bumi yang mendarat di 12 lokasi berbeda di seluruh dunia. Peristiwa itu menjadi pembicaraan dimana-mana, mahasiswanya tidak hadir di kampus hingga kampus kosong sama sekali, sesuatu yang kemudian perlahan akan mengarah pada chaos.


Louise bertemu dengan pasukan pemerintah yang dipimpin Colonel Weber (Forest Whitaker) yang bertugas untuk meneliti dan menangani benda asing itu dan mereka memutuskan agar Louise bergabung bersama tim ilmuwan untuk meneliti benda asing dan berusaha untuk berkomunikasi dengan penghuni di dalamnya karena mereka tidak bisa berkomunikasi dengan baik karena perbedaan bahasa, salah satu anggotanya adalah ilmuwan matematika (Jeremy Renner) yang bertugas untuk memecahkan kode secara keilmuwan. Lebih rumitnya tidak ada yang tahu bagaimana cara terbaik untuk mengetahui apa tujuan sesungguhnya dari alien-alien tersebut datang ke bumi?


Louise kemudian memimpin tim elit bagian investigator bersama para ilmuwan lain. Perlahan Louise mencoba metode paling sederhana dengan memperkenalkan diri sebagai manusia, secara menakjubkan cara itu cukup berhasil karena dua alien yang berbicara dengan mereka kemudian menuliskan sesuatu yang membalas Louise. Meskipun ini diakui sebagai perkembangan besar, namun mereka masih belum tahu tulisan apa yang dimaksud oleh alien tersebut, apakah dia menjawab Louise atau menunjukkan ketidak mengertiannya? Ataukah justru tanda lain?


Mereka harus cepat dan berpacu dengan waktu karena komunikasi yang masih tidak saling mengerti dan tentu saja mereka belum menemukan jawaban atas kedatangan alien-alien tersebut ke bumi. Sementara itu terjadi semakin parahnya chaos diseluruh dunia karena isu-isu yang berhembus bahwa para alien akan menyerang bumi dan memusnahkan umat manusia, berita-berita televisi tidak membantu, mereka terus mendesak pemerintah untuk memerangi alien bahkan meskipun mereka belum tahu apa tujuan alien-alien itu di bumi.


Mampukah Louise, sebagai salah satu ahli linguistik terbaik saat itu berhasil memecahkan kode para alien dan berkomunikasi dengan mereka sebelum chaos dan ancaman perang semakin buruk? Sementara terus-terusan dia bermimpi aneh dan tidak tenang saat menjalankan tugasnya?
Tentu untuk menjawabnya kita harus menonton film ini.

Kata Ninda:
Kenapa saya menonton film ini? Jawabannya jelas, karena rating tinggi sementara paksu adalah tipe orang yang langsung penasaran setiap ada film dengan rating-rating tinggi di imdb. Karena yaaa memang selama ini setiap kami nonton film yang memiliki rating tinggi, kami juga nggak pernah merasa dikecewakan.

Nontonnya juga spontan sih, sampek nyaris aja lupa kalau bioskop di mall yang kami datangi hanya bisa menerima alat pembayaran tunai, hampir aja cuma bawa kartu doang dan uang parkir karena buru-buru *LOL. Untungnya ternyata ada uang nyelip di dompet yang pas banget buat bayar dua tiket bioskop jadi nggak usah panik bolak-balik ke ATM dulu karena ngejar jam tayang yang terdekat.

"Kok rada suram-suram nakutin misterius gini ya," komentar saya dalam hati pas awal-awal adegan.
Film ini awalnya nampak misterius dan rada kayak film horor yang bikin saya bertanya-tanya ini film apa. Saya nanya ke paksu dan nampaknya rada useless berhubung dia nggak baca detail genre maupun reviewnya, cuma ngelihat rating aja katanya biar kejutan dan nonton tanpa ekspektasi. Well walhasil dia sih tidur di dalam bioskop karena ternyata makin lama filmnya justru lebih ke drama dan pastinya ngebosenin buat dia.

"Doh, ini kudunya justru genre drama. OMG! Scifi nya kenapa rasanya gini doang ya," itu komentar saya setelah film kira-kira hampir kelar.

Dan.... "Doh, nggak ngerti kenapa ratingnya bisa tinggi dan kenapa orang-orang suka. Apa coba alasannyaaa!" gerutu saya pas film selesai. Nyebelin ih!

Akting Amy Adams bagus bangettt memang sih. Saya juga paham jalan ceritanya seperti apa, yang saya nggak ngerti kenapa film ini dapat rating yang segini tinggi dan kenapa orang-orang suka?

Sepulan dari bioskop saya sampek bacain satu per satu komentar orang-orang yang bilang kalau mereka suka film ini. Still I don't get it sih bagian mana bagusnya.

Ada yang suka karena film ini realistis dan masuk akal dalam menggambarkan interaksi pertama manusia dengan alien tapi selain itu yah entahlah.
I just don't get it.

Buat yang penasaran juga silakan saja nonton ya, tapi kalau penasarannya bisa nunggu yaa mending nonton di youtube atau apa kek streaming online karena jujur saya pengin banget tuker tiketnya sama uang.

Sudah nonton ini juga? Gimana menurut kamu?

3 comments:

  1. Suka twist ending nya. Itu doang sih haha

    ReplyDelete
  2. loh, mba kecewa? arif rencananya weekend ini mau nonton film ini sih

    ReplyDelete
  3. oke, aku blm ntn...dan mengira ini scifi abis

    ReplyDelete