Friday, January 6, 2017

PESONA USAHA WARUNG KOPI


Nggak jauh dari rumah, beberapa bulan terakhir mulai muncul warung-warung kopi kecil dengan fasilitas wifi dan bukanya ada yang sampek 24 jam. Ya sebagian sih memang yang bukanya sampai 24 jam, sebagian besar buka mulai dari sorean mau magrib sampek pagi. Soalnya beberapa kali sepulang saya dan suami dari perjalanan pulang keluar kota saat dini hari, warung-warung kopi itu masih aja lho ramai luar biasa. Banyak anak muda, kebanyakan para cowok-cowok yang nongkrong dan ngobrol disitu. Ada yang bawa laptop, ada yang sambil nonton pertandingan sepak bola, ada juga yang sambil internetan bawa laptop. Ada sih beberapa cewek juga.

"Itu pada ngapain ya cewek jam segini masih ke tempat begitu?" tanya suami.
"Ya kan warung kopi biasa gitu," kata saya nyautin, "pengin mampir juga sih sapa tahu kopinya enak," saya yang penggemar kopi cengengesan, penasaran sih sama kopinya bisa rame banget gitu rasa kopinya yang enak atau internetnya yang laku ya?
"Heh..."
"Ya kan sama kamu, mas,"
"Jangan ah, ceweknya cuma sebiji dua biji doang kebanyakan cowoknya." kata dia.
Yah...

Tapi serius ih, selama setahun terakhir ini menjamur sekali jenis usaha investasi modal kecil berbentuk warung kopi yang berdiri nggak jauh dari rumah. Agak-agak amaze juga melihat perkembangannya yang cepet bener . Perasaan baru beberapa bulan lalu berdirinya masih berupa warung kopi kecil yang menunya palingan cuma minuman doang, cuma ada tv, ada wifi. Meja dan kursinya panjang-panjang jadi para pelanggannya duduk bareng sambil ngobrol gitu. Masih kecil kok waktu saya masih PP bolak balik Jakarta Surabaya, nyampek rumah biasanya udah dini hari gitu dan warung-warung deket rumah itu rame semua padahal kecil aja.

Dalam beberapa bulan aja warung-warung itu jadi up size, makin gede. Bangku-bangku dan meja-meja panjangnya makin banyak aja, pelanggannya makin banyak dan dari semula yang macam warung tenda temporer doang jadi dibangun semi permanen dengan bangunan yang sebagian sudah bertembok.

Cukup mengesankan bagaimana bisa investasi modal kecil berupa warung kopi yang semula hanya berupa bangunan permanen bentuk tenda-tenda macem tenda orang hajatan biasa banget gitu dengan meja dan kursi panjang-panjang, paling penuhnya cuma sama 11 an orang doang. Eh dengan hanya sekian bulan aja udah lebar banget dengan bangunan yang udah kelihatan 'mapan' karena semi permanen alias setengah ditembokin, jumlah bangku sama meja yang nambah jadi kira-kira belasan dan pelanggannya jadi puluhan orang bahkan pas dini hari masih adem ayem disitu gitu, ngobrol dan nongkrong-nongkrong nggak peduli waktu.

Nah waktu saya pulang kampung, si bapak juga sempet bilang kalau sekarang daerah rumah jadi rame terus soalnya ada warung kopi di belakang rumah yang jaraknya nggak jauh sih palingan 50 meteran doang. Warung kopi itu berdiri baru sebulanan tapi katanya pindahan dari tempat sebelumnya, pelanggannya banyak pun makanya jadi nggak pernah sepi sekitar rumah. Pelanggannya bisa sampek jam 2 pagi masih mampir sambil ngobrol dan nonton bola disitu. Kata si bapak juga kopinya beda dan nggak asal katanya didatengin olahannya dari daerah kota sebelah. Warungnya kecil doang tapi rame terus.

Lho saya jadi penasaran pengin nyobain dan berniat mampir kesitu.

Tapi si bapak bilang beliau mau kesitu buat nyapa yang punya dan ngasih sebagian dari makanan yang saya bawa karena beliau nggak bakal habis makan segitu banyak, lagian udah kenal juga sama orangnya karena sering mampir berbagi makanan di rumah. Tahu saya lagi pulang dan doyanannya kopi, pulang dari warung kopi sebelah si bapak bawa pulang kopi bubuk dalam plastik buat saya yang dikasih free sama yang punya. Jadi nggak enak sih, hahaha.

Saya coba malem itu juga dan suka. Aromanya dapet, kopinya juga enak meskipun cuma dengan pengolahan biasa ala kopi tubruk rumahan. Sayangnya nggak bakalan bisa nyicipin lagi karena si bapak nggak enak kalau kudu beli disitu malah dikasih gratis. Sayang bener.

Sepertinya beberapa tahun terakhir ini warung kopi sedang marak digemari sebagai usaha ya, karena modal awalnya sebenarnya nggak gede kok apalagi di kampung halaman saya yang apa-apa masih serba murah. Tapi meskipun modal awalnya kecil dan cenderung usaha yang nggak gitu susah seperti misalnya usaha warung bakso gitu kan harus jagain baso biar nggak basi lagian beberapa hari juga kalau nggak laku kuahnya jadi nggak enak lagi. Tapi return-nya dari gambaran contoh Surabaya dan Tuban kok kayaknya gede dan menguntungkan banget.

Hmm. Saya jadi pengin hahaha. Yah semoga ada rezeki untuk punya cafe sendiri nanti berhubung saya demen banget sama kopi :D


2 comments:

  1. Wah enak atuh nyin hihi suamik romantis pisan, cemburu juga tuh klo di kede kopi kamu cewek ndiri...karena banyakan cowoknya hahahha
    Klo di tempatku paling bukan kopi sih, tapi kedai roti2an ala2, yang macem roti bakar gitu, rameee banget, soalnya sasarannya anak muda gitu

    ReplyDelete
  2. Dpt kopii yaaa jadi enak dong nind :D
    Di sana masih murah ya? Ayo nind bikin Kedai kupii ^^ moga kesampean ya

    ReplyDelete