Friday, January 27, 2017

MENGENAL ALERGI SUSU PADA BAYI DAN ANAK

pic source: pinterest
Cara mengenal macam alergi susu sapi pada bayi atau anak adalah satu hal yang layak diketahui oleh para orang tua agar bisa jauh lebih siap saat menghadapi kondisi darurat saat alergi terjadi pada anak. Apalagi susu adalah salah satu asupan terpenting yang paling banyak dikonsumsi oleh bayi dan anak. Memiliki pengetahuan tentang alergi susu sapi dapat membuat anak akan bisa terhindar dari kondisi terburuk akibat alergi yang dialaminya.

Alergi susu sebenarnya adalah merupakan sebuah reaksi ketidak-tahanan tubuh terhadap satu atau lebih jenis protein susu. Pada sebagian anak, mengonsumsi susu sapi dapat memicu tubuh untuk melakukan reaksi kekebalan tubuh yang tidak tepat terhadap 2 jenis protein di dalam susu sapi tersebut, yang akhirnya mengakibatkan terjadinya reaksi alergi.

Di dalam susu sapi, terdapat dua jenis protein yang bisa memicu alergi pada bayi dan anak yaitu kandungan zat casein dan whey. Casein mendominasi hingga 80% kandungan protein dalam susu sapi dan hewan ternak lainnya. Sedangkan whey adalah protein yang ada dalam bagian cairan susu yang tersisa dari casein. Dan saat anak mengalami alergi akibat mengkonsumsi protein-protein susu ini, maka beberapa gejala gangguan kesehatan akan muncul, yaitu antara lain:
  • Terjadi reaksi gatal-gatal pada kulit yang disertai dengan timbulnya bintik-bintik dan ruam merah pada kulit. 
  • Gangguan pencernaan mulai dari rasa mual yang berlebih, sering buang angin, sembelit, kejang perut, bahkan hingga muntah dan diare. 
  • Gangguan pernafasan yang diawali dengan terjadinya pilek dan bersin-bersin, hingga sesak nafas akut. 
Gejala-gejala utama alergi yang terkait pada kulit, pencernaan, dan pernapasan ini dapat muncul segera setelah anak mengkonsumsi susu sapi, dapat pula terjadi dalam selang beberapa jam atau bahkan beberapa hari setelah anak mengkonsumsi susu. Saat orang tua bisa mengenal jenis alergi susu yang terjadi pada anak, maka segeralah lakukan antisipasi awal yaitu segera hentikan pemberian susu, dan gantilah produk susu sapi dengan susu soya yang jauh lebih aman untuk anak alergi. Susu SGM Soya adalah produk susu berbahan dasar kedelai yang kandungan isolat protein kedelainya aman dan baik bagi anak yang menderita alergi susu.

No comments:

Post a Comment