Wednesday, December 21, 2016

KEMBOJA - BED, BREAKFAST AND COFFEE



Setelah sekian lama nggak jalan-jalan lamaan dan jauhan akhirnya dapat kesempatan juga. Suami bisa cuti, kedua dedek juga lagi lowong jadi kami bareng staycation ke Batu. Sengaja milih lokasi Batu karena biar dekat sama beberapa tempat wisata disana. Dan kenapa ke Batu bukan luar kota yang lain? Soalnya sekalian jemput saya yang udah kelar pelatihannya, macem-macem barang dari baju ganti, modul-modul pelatihan yang setebel apaan tauk, laptop, novel, cat air, buku gambar dan planner kerjaan, on the go planner sampek jurnal yang nggak bisa kalau nggak saya bawa-bawa kemana-mana.

Ribet sih bawa printilan gitu but what can I do? Rasanya ada yang kurang kalau nggak bawa printilan itu kemana-mana haha terutama jurnal... Ya masa punya traveler's notebook kalau traveling malahan nggak dibawa, kan nista? Makanya saya selalu bawa tas mayan gede kemana-mana buat nampung ini itu belum kalau paksu nitip beberapa barangnya. Tas-tas size gede tapi nggak jumbo-jumbo banget banyak kok di toko online tas handbag wanita kalau-kalau manteman cuma ketemu tas-tas di mall yang size kecil atau yang size gedean tapi harganya malesin.

Kedua dedek sempet bingung staycation kudu bawa apa aja? Pengennya yang praktis pake ransel doang tapi kan nggak gaya banget kalau lagi fefotoan di tempat keren malah pake ransel. Bahkan dua minggu sebelumnya mereka udah mikir-mikir mau bawa apa aja dan mau bawa tas aja. Padahal simple sih kalau bingung ya bawa dua tas lah, ransel buat nampung baju kotor, baju bersih dan perlengkapan harian. Sama satu tas lagi yang lumayan gede buat nampung barang berharga dan traveler's notebook.

Manteman sendiri suka bingung nggak kalau mau staycation 1-2 hari aja gini bawa apa aja dan bawa tas yang kayak gimana? Kalau tas yang kita punya kira-kira nggak bisa nampung bawaan kita, kurang lebih dua minggu sebelumnya mulai deh window shopping di toko online tas handbag wanita. Di MatahariMall banyak banget pilihan tas wanita yang harganya beragam bisa dipilih yang pas sama budget kita, gampang lah ada pilihan sortir berdasarkan harga juga di MatahariMall. Modelnya juga macem-macem bisa disesuaiin sama baju yang mau kita pakai staycation adan selera aksesoris harian kita. Ini contoh tasnya, mutimut ya... ada beberapa brand yang udah sekalian sama gantungan lucu pula.


Waktu paksu ngabarin kita bakalan nginep di Kemboja - Bed, Breakfast and Coffee sih saya semangat soalnya ada kata coffee-nya. Hehe iya demi tahu ada kata coffee aja di tempat nginep ini bikin saya yang doyanannya kopi penasaran kayak apa rasa kopi disini.

Sampek disana pas jam isya, jadi tempatnya tuh kayak jenis penginapan villa gitu yang berdekatan tapi tetep kepisah. Yang reservasi juga nggak banyak karena cuma bisa nampung sekian orang gitu, yang jelas nggak sebanyak hotel. Tapi tempatnya cute sih, mempertahankan konsep tradisional.

Pas kita ke lobi aja mbaknya kayak yang udah langsung tahu kalau kita udah reservasi sebelumnya, menyenangkan juga pelayanannya. Di lobi saya ambili brosur, post card dan kartu nama untuk ditaruh di jurnal. Ini pemandangan di lobi dan sekitarnya:



Ini disebelahnya pas musholla, duh nggak kefoto lengkap tapi mushollanya bersih dan rapi, nyenengin deh ngelihatnya.


Tradisionalnya dapet banget ya, belum penerangan yang samar-samar dari lilin itu kayaknya enak aja buat ngobrol atau dinner. Setelah check in kami masuk ke kamar yang sudah disediakan. Karena check in-nya belakangan dibanding yang duluan datang ya dapetnya mayan kepisah. Tangganya unyu banget ya, nggak bisa nggak pengin fotoin motif tegelnya yang lucu menuju kamar kami. Sayangnya fotonya pas malam dan dengan pencahayaan yang minimal ya kayak gini lah hasilnya.


Ini kamar kami - saya dan paksu, duo dedek dapet kamar di lantai 1 meskipun masih 1 kompleks villa juga. Diluar jendela itu balkon yang langsung menghadap ke Pasar Parkiran jadi kita bisa tahu di Pasar Parkiran ramenya kayak apa, ada event apa dan bisa denger langsung live music dari situ. Dari salah satu situs perjalanan sih tempat ini minus-nya berisik tapi kok saya justru suka yang nggak tenang-tenang banget gini ya jadi kesannya nggak sepi.


Interiornya juga tetep mempertahankan kesan tradisional, pajangan dinding, bantal sampai aksen seprai semuanya menyertakan batik. Lantai kayu dan berbagai elemen lainnya juga cukup kuat aksen tradisionalnya meskipun nggak terlalu yang tradisional klasik juga ala desain rumah jaman dulu, ya tetap masih modern kok nuansanya.

Di dalam kamar yang belum kefoto juga ada welcome drink berupa air jahe anget yang enak banget diminum pas Batu lagi dingin kayak gitu. Ada juga ketel isi air panas dengan cangkir-cangkir, gula, teh dan kopi. Kopinya dar Kediri gitu dan beneran enak deh bikin saya inget kopi homemade olahan nenek saya.


bantal batik pastel lucuuu!
Ke kamar mandi eh ketemu wastafel dengan ornamen lucu yang fotoable bangets!


Pas pagi hari kita ke lobi lebih awal untuk sarapan, kuatir jangan-jangan kalau datang belakangan kehabisan makanan. Pemandangan diluar keren deh, lebih jelas juga fotonya pas pagi terang kayak gini.




Bagus ya?
Nah buat sarapan kami duduk di meja kursi yang tadi malam dipakein lilin dan lucu buat dinner itu. Semula kirain makanannya prasmanan sih kayak hotel-hotel kebanyakan cuma menunya rumahan gitu. Tapi ternyata enggak. Masih mikir kalau sarapan by order gitu kayak restoran, kami tentuin mau makan apa yang ada di menu terus dibikinin dannn ternyata juga enggak. Jadi apa dong?
Hmm, ini menunya:


Jadi boleh minta teh dan kopi terserah. Selain itu air putih yang bisa refill dan sepiring makanan ini. Maygaaaattttt! Kami duduk habis ditawarin minum, dikasih air putih sama teh kopi terus datenglah makanannya. Kopinya enak. Enggak, nggak pake ditawarin mau makan apa yang penting dikasih piring dengan hidangan diatas ini. Nggak bisa milih karena menunya cuma satu ya nasi campur ini. Mana porsinya dikit, kesian paksu masih laper habis makan ini sarapan. Rasanya standar sih, nggak yang enak  banget.

Dari semua hal yang memuaskan disini, pelayanannya, pemandangan taman yang terawat dan bersih, kamarnya yang bersih dan desainnya yang bagus... sarapannya worse. Harus saya akui dari pengalaman menginap di hotel manapun yang pernah saya singgahi ini sarapan yang paling.... minimalis dan terkesan seadanya, too bad apalagi untuk tempat menginap yang punya tagline breakfast pula ya kan Bed, Breakfast and Coffee jadi seenggaknya tiga hal itu harus istimewa dong ah. Ya bednya empuk nyaman bersih, breakfastnya memuaskan dan kopinya enak dan punya banyak jenis dong mestinya. Memang kopinya enak tapi apa nggak ada olahan kopi kayak coffee latte, caramel machiato atau apa gitu? Bahkan meskipun hotel ala-ala yang terkesan agak jadul di kawasan Jakarta Barat yang pernah saya tempati aja sarapannya banyak pilihan menu makanan maupun minuman dan semuanya enak-enak, memuaskan bangetlah. Padahal harganya nggak mahal.

Penginapan ini itungannya mewah dengan harga per malam 750,000 IDR lho tapi sarapannya terus terang bikin saya kecewa. Semula udah kepikiran bakalan banyak jajanan dan makanan tradisional yang bakalan disajikan kayak lodeh, sayur asem, rawon dan apa kek tapi semuanya nggak ada cuma ada sepiring nasi campur dengan porsi kecil ini. Dengan tagline coffee ekspektasi saya udah bakalan ada sajian es cappuccino dan hot black coffee lah ya paling enggak, tapi sama sekali nggak ada huhu T_T

Yah itung-itung harga mahal buat sebuah pengalaman ya, kayaknya cukup sekali ini kecuali kepaksa haha. Untuk balik lagi nginep, mendingan enggak sih kalau saya :p

2 comments:

  1. aduh mupeng udah liburan ya nin, akhir tahun ini stay at home aja, udah gak diizinin jln2 jauh lagi. Tp aku jg sih nin klo pergi2an pasti deh bawaannya selalu byk, apalagi ada si unyil tambah byk bawaan :P

    ReplyDelete
  2. Aaaaah, catet dulu walau belum tau kapan bisa liburannya ngahahahaha...

    ReplyDelete