Friday, October 21, 2016

( REVIEW FILM ) SULLY


Rating:
7.9/10 IMDb
82% Rotten Tomatoes 
74% Metacritic

Sinopsis:
Capt. Chesley "Sully" Sullenberger (Tom Hanks), saat ini adalah seorang pilot yang ditugaskan untuk sering bermimpi buruk belakangan ini, mimpinya terus saja sama mengenai bagaimana pesawatnya tidak mendarat dengan baik dan malah menghantam gedung perkantoran tinggi dan perumahan.


Ini bukan mimpi biasanya yang berhubungan dengan pekerjaannya sehari-hari, telah terjadi suatu hal besar dalam hidup Sully. Pada Januari tanggal 15 tahun 2009, Sully mencoba untuk membuat pendaratan darurat di sungai Hudson - New York City. Keputusan ini dia ambil setelah US Airways Flight 1549 tertabrak oleh rombongan burung terbang dan kejadian tersebut merusakkan mesin sayap pesawat kedua-duanya.


Sully mencoba mengambil keputusan secepat mungkin untuk kembali ke bandar udara terdekat. Keputusannya berubah ketika dia menyadari bahwa tidak adanya dorongan mesin dalam pesawat karena kedua mesin rusak. Sully segera memutuskan untuk mendarat di sungai Hudson yang tepat berada di bawah pesawat yang ia kemudikan. Bagian paling mengesankan dan disebut-sebut sebagai keajaiban adalah semua penumpang sebanyak 155 orang dan awak pesawat selamat tanpa kecuali. Semua penumpang sangat berterima kasih dan memuji aksi Sully, semua orang dalam pesawat merasa bahwa mungkin mereka akan mati dalam kecelakaan pesawat tapi semua itu tidak terjadi dan mereka benar-benar selamat utuh tanpa kurang suatu apapun.



Karena aksinya yang dinilai heroik, terlebih sejarah bahwa selalu tidak banyak orang yang bisa selamat dalam keputusan pendaratan di air, Sullenberger menjadi pahlawan nasional dan memiliki banyak penggemar dengan segera. Wartawan berebut untuk mengulas pendaratan heroik itu juga Sully dan keluarganya, Sully dan Jeff sang co. pilot juga menerima banyak tawaran untuk wawancara dan diundang ke berbagai acara tv untuk membicarakan aksi heroik yang sudah mereka lakukan tersebut.


Seiring dengan efek puja-puji yang dilayangkan padanya, pilot yang sudah mengabdikan puluhan tahun hidupnya untuk mengemudikan pesawat tersebut harus menghadapi penyelidikan rumit yang mengancam karir dan reputasi yang sudah dia bangun selama hidupnya. Keluarga Sully mulai resah. Keputusan Sully dan aksinya yang didukung oleh Jeff disangsikan oleh bayak pihak di pengadilan karena dinilai adalah keputusan yang ceroboh.

Bersama co. pilotnya Jeff Skiles (Aaron Eckhart), mereka dibombardir akan keputusan pendaratan heroik yang berkemungkinan membahayakan nyawa banyak orang tersebut. Menurut tim investigator, satu sayap pesawat masih bisa berfungsi dengan baik dan mereka bisa saja melakukan pendaratan di bandara terdekat alih-alih sungai Hudson.


Kata Ninda:
Rating film ini bagus banget di angka 7 hampir 8 di IMDB, komanya tinggi. Padahal sebelum kami jalan ke bioskop dan nonton trailernya di youtube dengan teknologi wifi tercepat Telkomsel, belum tertarik sih buat nonton ketika film ini awal-awal muncul di daftar tayangnya bioskop.


Bukan masalah trailernya yang jelek, gambarnya jelek atau tayangannya nyendat dan putus-putus, secara kan pakai teknologi wifi tercepat Telkomsel jadi nonton video trailer di youtube bawaannya lancar jaya. Hanya karena di trailer berasa banget aroma dramanya jadi Paksu agak males nonton, sementara saya yang kalau nonton seringnya ngikutin selera dia karena lagi nggak pengin nonton film apa-apa ya sudah terserah dia aja sih jatuhnya. Pas lagi jalan di mall yang ada bioskopnya terus dia jadi ngajak nonton karena ngecek rating film ini yang tinggi banget jadi kami nonton lah akhirnya.

Film ini sekalipun sepintas temanya biasa tapi mampu mengaduk-aduk emosi, kesel banget saya ketika si Pak Sully ini harus dituduh aksinya ceroboh padahal dia hanya mencoba melakukan yang terbaik agar semua penumpang dan awak pesawat yang menjadi tanggung jawabnya selamat, bahkan dia sampai kedinginan setelah dievakuasi dari sungai tanpa mengganti bajunya untuk menghitung jumlah penumpang apakah sama dengan di manifest, dia belum tenang dan mau ke rumah sakit sebelum seluruh isi pesawat dipastikan selamat. Professional!



Tapi aksi si bapak di pengadilan memang keren. Bikin penonton tersenyum lebar. Sebagai info, ini diambil dari kisah nyata, pada akhir film kita disuguhi pertemuan kembali antara the real Capt. Sully beserta semua awak pesawat dan seluruh penumpangnya yang masih hidup. Jadi semuanya benar-benar nyata.

Awesome! Film ini lebih dari layak untuk ditonton.


*) all pic taken from Google

2 comments:

  1. Kalau sempet nanti aku mau nonton film ini :D film nya Tom Hanks bagus semua ya :)
    salam kak Ninda...

    ReplyDelete