Monday, July 11, 2016

LIBURAN GRATIS KE JAWA BARAT? MAU BANGET!

Adik saya barusan saja usai traveling ke Jakarta dan Jawa Barat. Dia bawa oleh-oleh buat saya, yaitu catatan perjalanannya selama traveling. Yang berikut ini saya putuskan untuk posting di blog hobi saya ini.

Setelah menempuh pendidikan tingkat perkuliahan saya memiliki hobi baru yaitu traveling. Mungkin hobi tersebut merupakan hobi yang tidak asing di telinga semua orang hingga bermunculan istilah backpacker, koper and backpack, nekad traveler, anak gunung dan masih banyak lagi kosakata yang bermunculan dari hobi ini.

Untuk merealisasikan hobi saya ini, seringkali saya menyisihkan uang saku bulanan yang kemudian digunakan untuk dapat mencapai wishlist. Banyak hal yang terjadi dalam merencanakan perjalanan liburan dari yang modal biaya murah, modal sewa mobil ke ujung kota untuk menikmati pantai yang mengharuskan saya menyeberang pulau sampai melewati hutan yang dilindungi kemudian tidur di tenda dan makan mie campur pasir. Bahkan hingga liburan yang memakai modal transportasi pesawat dan sewa hotel untuk menginap untuk menghabiskan sisa-sisa liburan.

Usai kelulusan masa perkuliahan, selain magang dan ada project kecil tapi menghasilkan yang cukup menyita waktu dan sela waktu kosong untuk istirahat. Jika dimungkinkan sih ingin liburan tapi kemana ya? Waktunya kapan terus uangnya gimana ya? Kan saya harus nabung disaat-saat seperti ini. Pokoknya sedang banyak pertimbanganlah saya ketika memutuskan untuk liburan. 

Segala pertanyaan itu terjawab saat si bapak tetiba menelepon dan menanyakan kepada saya apakah memiliki waktu senggang? Beliau meminta saya untuk ke Jawa Barat selama beberapa hari. Meskipun agak flu tapi saya menyetujui saja karena segalanya sudah disiapkan jasa travel melalui program perjalanan gratis yang dihelat tempat kerja bapak. Saya tinggal menyiapkan koper untuk berangkat. YEAYYYY liburan!!!!

Catatan Perjalanan di Jawa Barat

Wisata Air Panas Ciwidey
Keinginan terbesar ketika di Jawa Barat adalah ingin mengunjungi Lembang hehe, tetapi kenapa harus memilih tempat yang mainstream ya? Saya malah memutuskan untuk mengunjungi wisata air panas di Ciwidey. Selama ini pernah mengunjungi wisata air panas di Batu Malang sih, tapi tidak terlalu antusias namun entah kali ini penasaran ingin mencoba. 

Ketika berada disana saya memesan sebuah kamar berendam yang di dalamnya bisa muat sampai 10 orang kata penjaga, tapi menurutku maksimal 5 orang ukuran idealnya. Tetapi bisa request sih satu kamar satu orang dengan membayar Rp 20.000 setiap sekali masuk (perorang maupun bersama bayar tetap). Ketika memasuki kamar berendam tersebut, ada bath tub yang dialiri air panas, sempat mengira ini pasti mengasyikan ketika mandi air hangat dengan suasana sekitar dingin. Eh tapi air tersebut ternyata beneran panas jadi ketika mandi saya hanya membasuh pelan-pelan karena kepanasan. 

Sebelum memasuki kamar berendam ada peringatan bahwa waktu maksimal di dalam kamar hanya 20 menit karena efek belerang pada setiap orang berbeda. Air panas tersebut memang mengandung belerang, saya ragu jika harus memakai air tersebut untuk sikat gigi hingga akhirnya seusai mandi saya singgah ke toilet untuk sikat gigi. Eh ternyata airnya SAMA, jadi memang diharuskan untuk membawa air mineral untuk sikat gigi (saya tidak tau apakah tidak apa ketika berkumur kemudian menelan air belerang).

Situ Patenggang


SITU PATENGGANG
Tempat kedua yang saya kunjungi setelah wisata air panas adalah Danau Situ Patengang dan Batu Cinta. Danau Situ Patengang ini mengingatkan ketika perjalanan ke Pulau Sempu. Danau yang sangat luas dan sedang pasang hingga tidak ada beda dengan laut. Di pulau seberang ada batu cinta yang konon katanya merupakan titik pertemuan dua sejoli yang kemudian dinamakan batu cinta dan dalam waktu dekat akan dibuka restoran berbentuk kapal besar di dekat batu cinta. Menikmati suasana danau yang dikelilingi hutan dan kebun teh pasti jadi mood booster para pengunjung. Sayangnya ketika sedang disana danau sedang pasang, sehingga batu cinta tidak nampak dengan sempurna tetapi bentuknya sama seperti batu besar pada umumnya kok (bentuknya tidak berbentuk simbol love maksudnya) hehe.

BATU CINTA
Ketika akan kembali ke hotel, saya ketemu ibu-ibu yang menjual buah blackberry dengan harga Rp 15.000 saja satu kotak. Waaaaah takjub juga, padahal di supermarket biasa beli bisa-bisa dengan porsi sama harus merogoh uang sebesar Rp 200.000an kira-kira. Hemat sekian ratus ribu, tapi sayang karena malas bawa barang buahnya ditaruh koper dan kegencet pakaian deh. Si buah masuk pesawat jadi berasa masuk juicer aja.

Taman Bunga Nasional


Hmmm masih ingat peristiwa artis hits update instagram yang akhirnya berakibat pada booming-nya tagline “bunga-bunga”? Nah tempat selanjutnya yang dikunjungi adalah Taman Bunga Nusantara. Disini ada berbagai macam bunga dengan berbagai bentuk dan warna yang ditata sangat apik. Ketika pertama kali masuk tempat ini, yang dituju adalah mobil dengan kursi berbaris berjumlah empat yang digunakan sebagai pemandu wisata. Mobil tersebut digunakan untuk menjelajah Taman Bunga Nusantara secara keseluruhan. Saya yang belum lama kena stress akut jadi merasa tenang dan damai berada ditempat tersebut, walaupun mataharinya terlalu galak.



Setelah it, ada beberapa tempat lagi yang saya kunjungi. Kebiasaan ketika berkunjung ke suatu tempat tidak lengkap jika pulang tanpa membawa pengalaman dan pengetahuan. Oleh sebab itu sempat mampir ke tempat edukasi dimana disediakan banyak alat peraga yang bikin saya jadi flashback jaman sekolah terus ketawa-ketawa sendiri. Sebenarnya liburan kemarin sangat menyenangkan kok, hanya tidak seperti liburan biasanya yang pulang bawa berbagai oleh-oleh dan barang bawaan. Kali ini saya pulang dengan membawa pakaian kotor SAJA.

Terus terang ini merupakan hal yang amat sangat jarang terjadi, biasanya bingung banget saking banyak bawaan oleh-oleh ditangan kanan kiri eh ini cuma bawa air mineral doang. Karena awal tahun ini kakak sudah tidak tinggal di ibukota, maka saya tidak bisa lama-lama di Jakarta hanya untuk bawa tambahan beberapa plastik belanjaan (read: shopping bag) hahaha.

Liburan merupakan suatu keharusan untuk saya karena memberikan pengalaman baru, pengetahuan baru, semangat baru dan pastinya bertemu teman baru yang kalau diceritakan...  hmm bisa jadi novel nih.

Happy holiday….

No comments:

Post a Comment